Eksplorasi warisan budaya melalui media baru di Indonesian Speaking Festival 2022 yang berlokasi di Keajaiban Dunia - WisataHits
Jawa Tengah

Eksplorasi warisan budaya melalui media baru di Indonesian Speaking Festival 2022 yang berlokasi di Keajaiban Dunia

JURNAL SOREANG Direktorat Film, Musik, dan Media (Dit. PMM), Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diselenggarakan pada 7-11 September 2022.

Tradisi linguistik merupakan bentuk kearifan lokal masyarakat Indonesia, biasanya menggunakan bahasa lisan untuk menggambarkan peristiwa sejarah dan budaya.

Seiring dengan perkembangannya, pidato memiliki berbagai cara, ritual, dan media baru yang dapat digunakan yang memberikan banyak pelajaran dari masa lalu yang dapat menjadi solusi dari permasalahan saat ini.

Baca Juga: Kemendikbudristek Ajak Dunia Pulihkan Sektor Seni Budaya di Pertemuan G20 Kebudayaan

Ada 20 peninggalan budaya menarik yang bisa diambil sebagai bahan pembelajaran masyarakat yaitu Sangiran, Liang Bua, Leang-Leang, Misool Gugus (Raja Ampat), Sangkulirang, Lore Lindu, Kutai, Tarumanegara, Kompleks Dieng, Borobudur, Candi Mendut, Pawon Candi, Prambanan, Candi Gunung Kawi, Muara Takus, Muaro Jambi, Candi Jago, Candi Singosari, Trowulan dan Candi Bahal.

“Peninggalan arkeologi di Indonesia merupakan tanda-tanda peradaban. Sebagai contoh, di kawasan Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah terdapat situs megalitik tertua di Indonesia dan telah menjadi Situs Warisan Dunia.

“Keberadaan cagar budaya ini harus bisa kita manfaatkan sebagai modal generasi muda untuk menghadapi situasi saat ini,” kata Direktur Budaya Hilmar Farid belum lama ini di Jakarta.

Indonesia Speaks 2022 yang mengusung tema “Experiencing the Past, Growing the Future”, hadir sebagai wadah pelestarian budaya yang berkelanjutan.

Baca Juga: Menelusuri Peninggalan Majapahit Akhiri Barang Budaya Jalur Rempah 2022, Ini Keunikan Tempatnya

Source: jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button