Eksentrik, ada upacara bendera di panji air Ponggok Klaten - WisataHits
Jawa Tengah

Eksentrik, ada upacara bendera di panji air Ponggok Klaten

clats

Acara pengibaran bendera yang unik dan menantang terjadi pada Sabtu sore (13/8.2022) di objek wisata air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Awak Umbul Ponggok mengadakan lift bawah air.

Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 WIB ini seperti upacara pengibaran bendera pada umumnya. Ada Pengawas Upacara, Peserta Upacara dan Pengibar Bendera.

Bedanya, pengibaran bendera merah putih dilakukan di dalam air. Lima kru pengelola atraksi dengan peralatan selam membawa bendera dari daratan, kemudian dibawa menyelam.

Bendera dikibarkan dari dasar kolam yang airnya jernih, dengan tiang besi dipasang di tengah kolam. Beberapa saat kemudian, bendera itu muncul ke atas tiang.

Ratusan pengunjung berjejer di setiap sudut kolam. Mereka memberi hormat kepada bendera sebagaimana upacara umumnya.

Diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, upacara berjalan lancar. Bendera di atas tiang diikuti oleh seruan para penyelam: “Siapakah kita? Indonesia,” teriak mereka lantang.

Upacara bendera memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia di bawah air Umbul Ponggok, Klaten.Upacara bendera memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia di bawah air Umbul Ponggok, Klaten. Foto: Dok Pengelola Umbul Ponggok

“Ini sebenarnya agenda tahunan. Karena pandemi COVID-19, baru dua tahun tidak ada pengunjung, tetapi masih terjadi,” kata Inspektur Upacara Suyantoko. Detik Jawa Tengah di lokasi.

Menurut Suyantoko, peserta dan penyelenggara upacara memeriahkan HUT RI ini adalah karyawan. Tapi pengunjung juga diundang.

“Kami juga melibatkan para pengunjung untuk membantu membangun rasa nasionalisme. Di bawah air, upacara ini juga diharapkan menjadi daya tarik dan keistimewaan Umbul Ponggok,” lanjut Suyantoko yang juga pengelola.

Salah satu pengunjung, Diki, mengatakan upacara di dalam air cukup menarik. Pengunjung yang belum pernah melihatnya terkejut.

“Ya kaget ada upacara, ternyata dikibarkan benderanya di tengah kolam. Benderanya di bawah air,” kata Diki. Detik Jawa Tengah.

Tonton video “Polisi menculik pria yang mengaku anggota Brimob menipu janda di kudus”
[Gambas:Video 20detik]
(aplikasi/dil)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button