Edutourism, Fasilitas Polbangtan Bogor Kementan promosikan konsumsi buah dan sayur lokal - WisataHits
Jawa Barat

Edutourism, Fasilitas Polbangtan Bogor Kementan promosikan konsumsi buah dan sayur lokal

Edutourism, Fasilitas Polbangtan Bogor Kementan promosikan konsumsi buah dan sayur lokal

BOGOR – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menerima kunjungan siswa SDIT Insantama Bogor dalam rangka Agroedutourism sebagai program pengenalan pertanian kepada anak-anak sekolah dasar (31/01).

Kementerian Pertanian mencanangkan Smart Greenhouse Edu Tour di Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor tahun 2020 melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dan Ditjen Prasarana Pertanian.

Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam kesempatan peluncuran wisata edukasi, Mentan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa dengan adanya wisata edukasi ini merupakan upaya Kementerian Pertanian untuk melakukan modernisasi pertanian, diharapkan generasi muda mau terjun di dalamnya. pertanian.

“Kami mendorong mereka, kami memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka melalui pelatihan. Kami menggunakan teknologi, jaringan, dan pemasaran. Kita ubah mindset generasi muda bahwa bertani itu keren dan hebat dan satu-satunya sektor yang menjanjikan, apalagi di tengah pandemi ini adalah pertanian,” kata Mentan Syahrul.

Hal senada diungkapkan Dedi Nursyamsi, Kepala BPPSDM Pertanian.
“Di sini (Eduwisata Red) anak-anak belajar sistemnya, bagaimana mengatur pertanian cerdas, bagaimana mengendalikan iklim mikro, sehingga produktivitas dan kualitas ada di tangan kita dan dengan demikian kita bisa mengatur kesinambungan,” ujar Dedi.

Kunjungan ke SDIT Insantama Bogor kali ini dilakukan oleh siswa kelas 2 sebanyak 112 siswa dengan 11 guru pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak pada dunia bercocok tanam dan belajar di luar kelas.

Bermain dan belajar di luar kelas (outing class), mempelajari konsep matematika berhitung, mengukur tinggi, panjang, dan berat yang dikemas dengan belajar bercocok tanam yang menyenangkan.

Terkait kegiatan yang dilakukan selama mengikuti Program Pendidikan Pertanian di kampus Cibalagung, siswa SDIT Insantama diajarkan hal-hal berikut: Menanam dan Memanen, Wisata Rumah Kaca Cerdas, Mengemudi Traktor, Wahana Air Perahu Karet, Memancing, Demonstrasi Es (es krim gratis) dan mini-game.Pendidikan Polbangtan BogorPendidikan Polbangtan Bogor

Kegiatan yang menyenangkan adalah pengalaman pertama anak-anak memanen sayuran khususnya bayam dan memanen melon berkualitas tinggi yang ditanam dalam model DFT Smart greenhouse, dimana siswa dijelaskan bagaimana melon ditanam, dirawat dan dipanen, serta Keuntungannya sebuah rumah kaca pintar artinya semuanya dapat diatur melalui teknologi smartphone dimana pengaturan suhu, kelembaban, fan drive semua dapat diatur melalui ponsel berbasis aplikasi Android.

Kegiatan tersebut dikoordinir oleh Dinas Pertanian Polbangtan Bogor yang melibatkan asisten mahasiswa Polbangtan Bogor bekerjasama dengan prodi “Penyuluhan Pertanian Lestari”, “Agribisnis dan Hortikultura” dan “Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian”.

Antusiasme para siswa sangat tinggi, terlihat dari antusiasme dan rasa ingin tahu mereka yang besar. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap anak-anak dapat merasakan begitu dekat dengan alam dan menumbuhkan kecintaan terhadap sayur dan buah, apalagi betapa pentingnya kita mengkonsumsi buah dan sayur untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat.

Reporter: Irvan Julya
Penerbit : Ardianinda Wisda

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button