Edutourism, fasilitas di Polbangtan untuk mempromosikan buah dan konsumsi lokal - WisataHits
Jawa Barat

Edutourism, fasilitas di Polbangtan untuk mempromosikan buah dan konsumsi lokal

Edutourism, fasilitas di Polbangtan untuk mempromosikan buah dan konsumsi lokal

BOGOR–RADAR BOGOR, Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor atau Polbangtan, Selasa (31/01/2023) menerima kunjungan siswa SDIT Insantama Bogor untuk Agroeduwisata sebagai program pengenalan pertanian kepada anak-anak sekolah dasar.

Kementerian Pertanian meluncurkan rumah kaca pintar Edu Wisata di Polbangtan Bogor pada tahun 2020 melalui Badan Pengembangan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian dan Ditjen Prasarana Pertanian.

Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam kesempatan peluncuran edu-tourism mengatakan bahwa dengan adanya edu-tourism merupakan upaya Kementan untuk memodernisasi pertanian yang diharapkan generasi muda mau. ikut serta dalam bidang pertanian.

avatar

“Kami mendorong mereka, kami memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka melalui pelatihan. Kami menggunakan teknologi, jaringan, dan pemasaran. Kita ubah mindset generasi muda bahwa bertani itu keren dan hebat dan satu-satunya sektor yang menjanjikan, apalagi di tengah pandemi ini adalah pertanian,” kata Mentan Syahrul.
Hal senada diungkapkan Dedi Nursyamsi, Kepala BPPSDM Pertanian.

“Di sini (Eduwisata Red) anak-anak belajar sistemnya, bagaimana mengatur pertanian cerdas, bagaimana mengendalikan iklim mikro, sehingga produktivitas dan kualitas ada di tangan kita dan dengan demikian kita bisa mengatur kesinambungan,” kata Dedi.

Kunjungan ke SDIT Insantama Bogor ini dilakukan oleh siswa kelas 2 yang berjumlah 112 siswa dengan 11 guru pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak pada dunia bercocok tanam dan belajar di luar kelas.

Bermain dan belajar di luar kelas (outing class), mempelajari konsep matematika berhitung, mengukur tinggi, panjang, dan berat yang dikemas dengan belajar bercocok tanam yang menyenangkan.

Terkait kegiatan yang dilakukan selama mengikuti Program Pendidikan Pertanian di Kampus Polbangtan Cibalagung, kepada siswa SDIT Insantama diajarkan hal-hal berikut: Menanam dan Memanen, Wisata keliling Rumah Kaca Cerdas, Mengendarai Traktor, Wahana Air Perahu Karet, Memancing, Pertunjukan Es ( es krim gratis) dan mini-game.

Ini adalah kegiatan yang menyenangkan yang merupakan pengalaman pertama anak-anak memanen sayuran, terutama bayam, dan memanen melon berkualitas tinggi yang ditanam di DFT Model Rumah Kaca Cerdas.

avatar

Disana siswa dijelaskan bagaimana melon ditanam, dirawat dan dipanen serta dijelaskan manfaat dari smart greenhouse, artinya semuanya dapat diatur melalui teknologi smartphone yang dapat mengatur pengaturan suhu, kelembaban dan fan drive melalui handphone berbasis aplikasi Android.

Kegiatan tersebut dikoordinir oleh Dinas Pertanian Polbangtan Bogor yang melibatkan pendamping mahasiswa Polbangtang, kerjasama Prodi Pertanian Berkelanjutan, Agribisnis dan Hortikultura dan Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian.

Antusiasme para siswa sangat besar, terlihat dari antusiasme dan rasa ingin tahu mereka yang besar. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap anak-anak dapat merasakan begitu dekat dengan alam dan menumbuhkan kecintaan terhadap sayur dan buah, terutama pentingnya makan buah dan sayur untuk tubuh yang sehat dan kuat. (adv)

Reporter: Irvan Julya
Penerbit : Ardianinda Wisda

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button