Dukung visi dan misi Jawa Barat Juara, Cimahi Town Square akan berdiri tahun 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Dukung visi dan misi Jawa Barat Juara, Cimahi Town Square akan berdiri tahun 2023

PORTAL BANDUNG TIMUR – Kota Cimahi secara aktif mengimplementasikan visi dan misi Gubernur Jawa Barat 2018-2023, dengan fokus pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dan desa wisata sebagai penggerak pembangunan. Desain Alun-Alun Kota Cimahi akan dikerjakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pada tahun anggaran 2023.

Tata letak Alun-alun Kota Cimahi dirumuskan Pemprov Jabar dalam proyek strategis 2018 – 2023. Memajukan keadilan dan percepatan pembangunan di kabupaten/kota untuk mewujudkan slogan “Jawa Barat Juara”, termasuk pembangunan alun-alun di 27 kabupaten/kota.

Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dan desa wisata dapat diwujudkan dengan tata letak Cimahi Town Square. Untuk itu, Pemprov Jabar akan melaksanakan desain Alun-Alun Cimahi pada tahun anggaran 2023.

Baca Juga: Gempa Susulan Tektonik Kabupaten Cianjur Masih Berlangsung, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Tata letak Alun-alun Kota Cimahi dibangun dengan konsep ruang terbuka, yang berfungsi sebagai tempat utama kegiatan masyarakat (seperti pertemuan, olahraga, seni dan budaya) dan juga sebagai musholla hari raya (sholat Idul Fitri). Konsep ruang terbuka ramah anak ditunjukkan dengan adanya taman bermain anak yang merupakan gabungan dari mainan outdoor anak dan lantai rumput buatan.

Sebagai tambahan atraksi juga dibangun air mancur kering yang berfungsi sebagai tempat bermain bagi anak-anak dan pengunjung lainnya dengan memberikan atraksi visual berupa air mancur menari sehingga memberikan suasana yang berbeda dari alun-alun pada umumnya.

Bangunan-bangunan yang mengelilingi alun-alun, toko-toko terdaftar, diintegrasikan ke dalam desain alun-alun dalam bentuk koridor warisan. Pembuatan koridor heritage merupakan bentuk “apresiasi” terhadap bangunan disekitarnya yang berkarakter bangunan heritage.

Untuk mendukung aktivitas pengguna, diperlukan tempat parkir yang ideal, sehingga perlu dibangun tempat parkir kendaraan roda empat dan roda dua di basement pintu masuk utama sisi utara seberang Gedung Pemerintah Kota Cimahi. (Mei Nurohman)***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button