Dukung Kebaya Goes To Unesco, Fashion Show Wanita di Kebaya yang Digelar di Malioboro - WisataHits
Yogyakarta

Dukung Kebaya Goes To Unesco, Fashion Show Wanita di Kebaya yang Digelar di Malioboro

YOGYAKARTA, Do-It-Yourself – Puluhan perempuan bersanggul dan kebaya menggelar peragaan busana dan rangkaian pentas seni budaya di Jalan Malioboro pada Sabtu sore (27/8/2022). Selain untuk memeriahkan wisata akhir pekan, acara tersebut juga merupakan bentuk dukungan terhadap Axis of Philosophy yang diusulkan oleh Unesco sebagai Situs Warisan Dunia.

Acara yang digagas oleh Hamzah Batik Malionoro dengan judul wisata budaya Sabtu Kliwon ini dimulai pada siang hari langsung di sisi selatan kawasan pejalan kaki Malioboro atau kawasan Batik Hamzah. Berbagai pertunjukan yang disuguhkan kepada para pengunjung dan wisatawan membuat suasana sekitar semakin semarak dan semarak.

Acara diawali dengan prosesi tumpeng kemudian dilanjutkan dengan rangkaian pertunjukan tari dan tari ala Jawa. Puncaknya adalah peragaan busana 77 wanita bersanggul dan kebaya, yang berlenggak-lenggok di atas karpet merah yang disediakan di pedestrian zone. Flashbob pengunjung dan seniman adalah suguhan terakhir untuk wisata budaya Kliwon hari Sabtu.

Ketua Wanita Bersanggul Nusantara Yosiriani mengatakan, kegiatan sore itu bertujuan untuk mengenalkan potensi kebaya kepada wisatawan dan anak muda. Menurutnya, kebaya harus ada sebagai warisan budaya dan harus terus dilestarikan. Selain itu, kebaya juga diserahkan ke Unesco untuk menjadi warisan budaya takbenda.

“Sangat penting untuk memperkenalkan budaya memakai kebaya dan sanggul karena saat ini sedang digalakkan ke Unesco dan kami juga berkomitmen untuk keberlanjutannya,” kata Yos.

Source: www.tvonenews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button