Dua pantai di Yogyakarta ini rawan gelombang tinggi, SAR Satlinma DIY mengimbau masyarakat untuk waspada - WisataHits
Yogyakarta

Dua pantai di Yogyakarta ini rawan gelombang tinggi, SAR Satlinma DIY mengimbau masyarakat untuk waspada

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Tim SAR Satlinmas Special Rescue mulai melakukan persiapan mengamankan kawasan pesisir selatan Yogyakarta dan destinasi wisata di lereng Gunung Merapi.

Ada 33 pantai di selatan Yogyakarta yang dipatroli anggota Satlinmas Rescue Khusus SAR.

Personel akan ditempatkan di ujung timur area perbaikan rumah, yakni dari Pantai Sadeng hingga Pantai Congot.

“Jumlah pantai yang akan kita pantau ada 33 pantai. Dari paling timur ada pantai Sadeng sampai pantai Congot,” kata Kepala Satpol PP DIY sekaligus Kabag SAR Khusus Satlinmas Rescue Noviar Rahmad, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: Prakiraan Cuaca 2023, BMKG Sebut Ada Sinyal Kering atau El Nino

Anggota Satlinmas SAR dibekali kemampuan berenang di atas rata-rata.

Selain itu, jelas Noviar, mereka juga dilatih untuk menghadapi situasi sulit akibat gelombang tinggi di pantai.

Dari total 33 pantai yang dijaga anggota Satlinma SAR, wisatawan perlu memperhatikan gelombang air di Pantai Parangtritis, Pantai Baru, dan pantai lainnya di kawasan Gunungkidul.

“Untuk gelombang tinggi, parangtritis yang paling rawan selama ini. Kemudian juga di kawasan pantai baru, juga di beberapa pantai di kawasan Gunungkidul. Namun kami sampaikan bahwa sebagian besar pantai di kawasan toko perkakas rentan. Jadi kami berharap wisatawan berhati-hati dan memperhatikan peringatan dari pejabat setempat,” kata Noviar.

Noviar juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat berkunjung ke pantai yang tidak ada anggota Satlinmas Rescue SAR atau petugas pantai lainnya.

Karena dari total hampir 100 pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta, hanya 33 yang memiliki coast guard atau anggota SAR.

“Karena staf kami terbatas, kami tidak menempatkan anggota di sana. Kami hanya selalu berkoordinasi dengan Pokdarwis,” ujarnya.

Noviar mengatakan, kesiapan pengamanan akan dibahas dalam rapat koordinasi pengamanan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang dijadwalkan Kamis (15/12/2022) mendatang.

Baca juga: Prakiraan Cuaca DIY Selasa 13 Desember 2022: Waspadai Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Sementara Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menambahkan, kunjungan wisatawan ke DIY sudah mencapai lebih dari 4 juta pada triwulan II 2022, dan masih ada satu semester yang belum selesai perhitungannya.

Di penghujung hari libur nasional tahun 2022 yang tinggal beberapa pekan lagi, sangat memungkinkan untuk menggenjot perekonomian dari sektor pariwisata.

Dijelaskan pula bahwa belanja wisatawan domestik dan mancanegara juga meningkat.

Dengan kondisi tersebut, dipastikan kualitas pariwisata di wilayah DIY akan meningkat.

“Kami mendorong belanja agar wisata berkualitas berkembang di sana. Tidak terlalu banyak orang yang ke Jogja, tapi kalau belanja tinggi bisa mendongkrak perekonomian,” ujarnya. (Tribunejogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button