Dongeng petani jamur bisa melakukan wisata edukasi berkat Ganjar - Hello Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Dongeng petani jamur bisa melakukan wisata edukasi berkat Ganjar – Hello Semarang

HALO MAGELANG – Puput Setyoko, petani jamur di Borobudur, Kabupaten Magelang, punya cerita menarik tentang usahanya. Budidaya jamur yang dipraktikkan sejak 2013 kini telah berkembang menjadi wisata edukasi berkat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Puput menuturkan, awalnya ia hanya seorang petani jamur kecil. Tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 2016, ia mulai mencoba membuat olahan jamur. Seperti keripik jamur dan kerupuk.

“Saat itu, bisnis ini belum terlalu dikenal masyarakat. Saya berjuang untuk berkembang, terutama dalam hal pemasaran,” ujarnya, Jumat

Namun, Puput pantang menyerah dan terus menekuni bisnis ini. Hingga keberuntungan akhirnya datang. Gubernur Ganjar mengunjungi tempat usahanya di Dusun Jowahan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Sejak itu, bisnisnya terus berkembang. Turis datang dengan rajin.

“Tahun 2018 kami mulai merintis wisata edukasi. Saat itulah Pak Ganjar mengunjunginya dan langsung dikenal masyarakat luas. Kunjungan wisatawan semakin ramai,” lanjutnya.

Baginya, karakter Ganjar sangat berpengaruh terhadap branding perusahaannya. Usahanya juga dipasang di warung-warung milik Ganjar.

“Waktu itu banyak yang datang ke sini. Ada turis dari Kalimantan yang sengaja datang ke sini karena mendapat informasi dari Lapak Ganjar bahkan minta foto dengan saya,” ujarnya sambil tertawa.

Sekitar 200 turis datang dalam satu hari. Bahkan pada akhir pekan rata-rata mencapai 1000 wisatawan. Pengunjung tidak ditarik kartu alias gratis. Namun melalui penjualan produk, Puput sudah mampu menghasilkan pendapatan Rp 100-150 juta per bulan.

“Karena berkembang pesat, akhirnya saya bisa membangun Pendapa sebagai fasilitas bagi wisatawan yang datang,” ujarnya.

Tutorial jamurnya kini bisa dinikmati pengunjung. Selain sarana prasarana, wisatawan dapat dilayani oleh 16 pegawai yang ada.

“Dulu hanya 4 orang, sekarang ada 16 karyawan di sini,” kata Puput.

Menurutnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sangat peduli dengan UMKM. Selain karakternya, Ganjar juga punya terobosan yang bisa diangkat UMKM.

Jamur Borobudur patut dikunjungi tidak hanya untuk semua orang yang ingin belajar lebih banyak tentang jamur. Namun Anda juga bisa menikmati olahan masakan jamur. Seperti keripik, kerupuk, sambak dan sebagainya.

“Olahan jamur juga bisa dipesan secara online di sini. Biasanya pengiriman mencapai Papua, Kalimantan, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jakarta. Harapannya stan ganjar tetap eksis untuk membantu UMKM,” ujarnya. (HS)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button