Donasi oksigen dengan menanam ribuan pohon di Tlocor Marine Tourism - WisataHits
Jawa Timur

Donasi oksigen dengan menanam ribuan pohon di Tlocor Marine Tourism

Donasi oksigen dengan menanam ribuan pohon di Tlocor Marine Tourism

JawaPos.com– Festival Mangrove Jawa Timur ketiga berlangsung kemarin (29/1) di Wisata Bahari Tlocor dan Pulau Lusi, Kedungpandan, Jabon, Sidoarjo. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara tersebut secara langsung.

Menandai dimulainya festival, Khofifah bersama Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali juga menanam 3.000 mangrove dan 200 tanaman produktif serbaguna seperti kelengkeng dan mangga di Pulau Lusi.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Jumaidi mengatakan, penanaman ini merupakan langkah awal dalam menjaga kelestarian alam di pesisir Jatim. “Ini merupakan acara festival yang ketiga, meski kami juga rutin menanam setiap dua minggu sekali di Pulau Lusi,” ujarnya.

Jumaidi menambahkan, selain mangrove, terdapat ribuan bibit nener atau bandeng dan burung yang tersebar di sekitar Pulau Lusi. “Untuk itu kami bekerja sama dengan BKSDA Jatim agar bisa seimbang dan membentuk ekosistem,” ujarnya.

Muhdlor mengatakan dari garis pantai Kota Delta sepanjang 33 kilometer, 30 persennya berupa tambak yang sangat bergantung pada ekosistem hutan bakau. “Mudah-mudahan dengan penanaman dan pelepasan lebih awal, ekosistem menjadi baik dan lestari sehingga masyarakat sekitar dapat merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Selain itu, menurut dia, banyak usaha atau mata pencaharian warga Kedungpandan yang bergantung pada hutan mangrove.

Khofifah berharap warga setempat mengikuti penanaman mangrove dengan merawatnya. “Sejak Agustus tahun lalu, festival pertama sejauh ini, kami telah banyak menanam bakau dan tentunya akan terus berlanjut. Ini adalah upaya kami untuk memberikan oksigen,” katanya.

Khofifah juga mengapresiasi bupati Sidoarjo dan jajarannya yang telah mengarahkan penanaman mangrove pada festival ketiga ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button