Dolly akan menjadi wisata religi pada Desember 2022 dan mulai menggunakan pembebasan lahan - WisataHits
Jawa Timur

Dolly akan menjadi wisata religi pada Desember 2022 dan mulai menggunakan pembebasan lahan

Surabaya

Kawasan Dolly ditata menjadi wisata religi. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan perintah tersebut harus selesai pada Desember 2022. Eri mengatakan bahwa Dolly memiliki makam yang diyakini telah ada selama ratusan tahun.

Eri mengatakan, sosok yang dimakamkan di sana masih erat kaitannya dengan Sunan Ampel dan Mbah Karimah, Kembang Kuning Surabaya. Makam tersebut merupakan makam seorang tokoh spiritual atau religi yang dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan Mbah Kapiludin.

“Kami menganggarkannya di PAK, jadi nanti kehendak Tuhan Desember sudah berakhir. Jadi Dolly’s Tour digunakan oleh semua jajaran desa. Ada wisata campuran untuk UMKM, cerita Dolly di masa lalu, dan wisata religi. Ternyata ada makam terkait Mbah Karimah Sunan Ampel yang masih memiliki kerabat dengan Sunan Ampel,” kata Eri, Senin (12/9/2022).

Menurut Eri, Dolly adalah tempat yang luar biasa. Saat dia dan krunya pergi ke sana, Eri langsung membuat serangkaian rencana.

Saat ditanya apakah ada pembebasan lahan untuk Wisata Religi Dolly, Eri mengatakan, Pemprov DKI sudah memiliki lahan tak terpakai. Lahan tersebut nantinya akan digarap.

“Kuburannya ada di belakang futsal, jadi bisa jadi satu. Makanya perencanaan kita komprehensif. Tidak bisa hanya di atas, semuanya harus selalu bersinergi dan terkoneksi,” jelasnya.

Tapi nanti Pemkot mau beli tanah di sana. Namun, terlebih dahulu harus diperjelas lahan mana yang akan dibeli. Sinergi adalah hal terpenting baginya, makanya membeli properti tidak boleh dilakukan secara sepotong-sepotong.

“Kami membentuk Dolly dan kami akan mulai mengintegrasikan yang lain. Jadi sebenarnya ada pertanyaan tentang bagaimana walikota lakukan. Kami tidak bolak-balik, tetapi tidak ada hasil. Sekarang sistemnya sudah terbentuk, jalan saja jalan atau tolak,” tambah Eri.

Sedangkan untuk mengakses makam Mbah Kapiludin tidaklah mudah. Namun, Eri mengatakan akan menyiapkan akses agar lebih mudah dipahami masyarakat.

“Masuknya masih dari Dolly, dari desa besar. Nanti kita ketinggalan pertandingan futsal. Jadi nanti kita atur bentuk rumahnya,” pungkas Eri.

Tonton video Asyiknya Belajar Ski di Trans Snow World Surabaya
[Gambas:Video 20detik]
(bantuan/tebal)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button