Docang, Masakan Khas Cirebon yang konon sudah ada pada zaman Wali Songo - WisataHits
Jawa Barat

Docang, Masakan Khas Cirebon yang konon sudah ada pada zaman Wali Songo

Cirebon

Kota Cirebon merupakan salah satu daerah di Jawa Barat (Jabar) yang terkenal dengan berbagai sajian kulinernya yang unik. Diantara sekian banyak kuliner khas “Kota Udang” salah satunya yang sangat populer dan melegenda yaitu Docang. Bahkan konon makanan tersebut sudah ada sejak zaman Wali Songo.

Docang sendiri merupakan makanan khas Cirebon yang terdiri dari potongan lontong, sayur dan parutan kelapa. Semua bahan yang sebelumnya dicampur kemudian di atasnya dengan saus yang terbuat dari campuran Oncom.

Sayuran yang terdapat di Docang antara lain daun singkong, daun pepaya, dan tauge yang telah direbus sebelumnya. Belum lagi, dalam penyajiannya, docang selalu disajikan dengan taburan kerupuk putih.

Di Cirebon sendiri, docang umumnya dijadikan menu sarapan. Namun tidak jarang dijumpai penjual docak yang biasa berdagang dari siang hingga malam.

Docang khas CirebonDocang, khas Cirebon Foto: Ony Syahroni/detikJabar

Salah satu pedagang Docang yang biasa berdagang dari subuh hingga senja adalah Docang Wiwi. Nama Docang Wiwi sendiri berasal dari nama pemiliknya yaitu ibu Wiwi (60). Sejauh ini dia telah menjual Docang selama lebih dari 30 tahun.

“Jual sudah ada sekitar 30 tahun. Ibu (wiwi) dulu jualan. Sekarang giliran saya jualan. Saya jualan dari jam 6 pagi sampai sekitar jam 3 sore. Setelah itu giliran saya, dari sore sampai sore untuk malam jualan,” kata Nia , 27, putri Wiwi, berbicara kepada detikJabar di Kota Cirebon, Rabu (10/8/2022).

Di rumah Bu Wiwi, seporsi docang dijual dengan harga Rp12.000. Sedangkan jika ingin mendapatkan tambahan sepiring kerupuk, pelanggan hanya perlu membayar Rp 5.000.

Bagi yang penasaran dengan rasa Docang khas Cirebon, bisa langsung datang ke penjualnya, yaitu Docang Wiwi. Lokasinya berada di Jalan Kesambi Raya, Kota Cirebon, Jawa Barat. Jika Anda datang dari stasiun kereta Prujakan, penjual docang ini hanya berjarak kurang dari 1 kilometer.

Jalan Raya Kesambi sendiri bisa dibilang salah satu kawasan wisata kuliner malam di kota Cirebon. Selain penjaja docang, di kawasan ini juga terdapat penjaja aneka kuliner lainnya. Seperti nasi kuning dan lainnya.

(lezat enak)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button