DIY siap menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum 2023 - WisataHits
Yogyakarta

DIY siap menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum 2023

Yogyakarta memang sudah siap, mulai dari keramahannya, pelayanan yang baik dan destinasi wisatanya

YOGYAKARTA (ANTARA) — Kadarmanta Baskara Aji, Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menegaskan kesediaan DIY menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

“Yogyakarta memang sudah siap, mulai dari keramahannya, pelayanan yang baik, dan destinasi wisatanya,” kata Baskara Aji dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Aji, DIY dipilih menjadi tuan rumah ATF 2023 karena diakui sebagai ekosistem pariwisata yang memiliki komitmen luar biasa terhadap sektor industri.

Selain itu, DIY dinilai sangat tepat dan diinginkan oleh para pejabat ATF di Jakarta, mulai dari keramahan, pelayanan yang baik dan banyaknya tempat wisata di daerah ini, sehingga dinilai mampu menjamin kelancaran dukungan kegiatan ATF 2023.

Aji mengatakan, untuk menyambut ATF 2023, Pemda DIY telah melakukan persiapan mulai dari infrastruktur hingga penyediaan pendidikan bagi masyarakat DIY.

Sebagai bagian dari kegiatan ATF 2023, para tamu juga akan diajak mengunjungi destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, tidak hanya wisata alam tetapi juga budaya dan adat istiadat yang ada di provinsi ini.

“Melalui kegiatan ATF ini diharapkan Yogyakarta mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat, serta dapat menjadi contoh bagi provinsi dan negara lain bahwa Yogyakarta dapat melaksanakan kegiatan ATF-2023 ini dengan baik,” kata Aji.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY GKR Bendara mengatakan ATF 2023 merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Pemda DIY, mengingat ATF ini merupakan upaya regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai daerah tujuan wisata. Kegiatan ATF ini mencakup seluruh sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN.

Oleh karena itu, promosi yang dilakukan oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan dinas pariwisata di lima kabupaten/kota di DIY ini mempersiapkan masyarakat untuk menjadi tuan rumah ATF pada tahun 2023.

“Masyarakat perlu menjaga keramahan, kebersihan lingkungan, keamanan dan jarak dari hal-hal negatif, dan diharapkan para DIYers akan terjangkit demam ATF di awal tahun 2023,” ujar GKR Bendara.

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 dijadwalkan akan diselenggarakan di Yogyakarta dari tanggal 2 hingga 5 Februari 2023 dengan motto “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations”.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno menyatakan Yogyakarta dipilih sebagai lokasi ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 karena memiliki infrastruktur MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions) tingkat menteri internasional.

Kesiapan tersebut meliputi ketersediaan staf, penyediaan akomodasi, penyediaan tempat pameran besar, tempat wisata dengan keaslian budaya yang kental, kuliner khas dan destinasi alam.

Baca Juga: Pengalaman menggelar G20 dinilai menjadi modal Indonesia menjadi tuan rumah ATF 2023
Baca Juga: Asita optimis ATF akan melanjutkan tren positif pariwisata DIY di tahun 2023
Baca Juga: Sandiaga Uno: Pemerintah Akan Aktif Berpartisipasi dalam ASEAN Tourism Forum 2022

Reporter: Luqman Hakim
Penerbit : Faisal Yunianto
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button