Diterpa Cuaca Ekstrim, Akses Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup: Okezone News - WisataHits
Jawa Timur

Diterpa Cuaca Ekstrim, Akses Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup: Okezone News

Diterpa Cuaca Ekstrim, Akses Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup: Okezone News

MISKIN – Pengelola Wisata Gunung Arjuno – Welirang membantah kabar pembukaan pendakian tersebut. Pasalnya, situasi di Gunung Arjuno Welirang masih belum kondusif, terutama dari segi cuaca.

“Pembukaan belum direncanakan. Menunggu cuaca yang lebih mendukung,” kata Kepala UPT Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo Ahmad Wahyudi, saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

BACA JUGA: Jejak Gunung Kerinci tertutup abu vulkanik setebal 5 cm

Menurutnya, kejadian cuaca ekstrim di kawasan Gunung Arjuno Welirang masih sering berupa hujan badai disertai petir yang membahayakan pendakian. Melihat hal itu, pihaknya selaku ketua wisata pendakian Gunung Arjuno Welirang memutuskan untuk menutup sementara akses pendakian hingga waktu yang belum ditentukan.

“Belum ditentukan (kapan dibuka), sewaktu-waktu bisa terjadi badai petir disertai petir,” ujarnya.

Sejauh ini, penutupan akses pendakian ditetapkan mulai Oktober 2022 hingga Januari 2023. Selama proses penutupan, pihaknya bersama sejumlah pihak melakukan patroli rutin dan pemantauan ekosistem lingkungan di Tahura R. Soerjo, termasuk penanaman kembali pohon di kawasan rawan.

“(Pendakian Tertutup) Sejak awal Oktober 2022, Tahura rutin melakukan pengamanan dan patroli kegiatan membersihkan sampah yang berserakan, mandau dan penanaman (pohon),” jelasnya.

BACA JUGA:Gunung Kerinci meletus, mengeluarkan asap tebal dan menutup jalur pendakian

Gunung Arjuno secara administratif berada di perbatasan antara Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Ketiga daerah tersebut saat ini masih menerapkan PPKM level 3, sehingga kenaikan Arjuno Welirang harus ditutup.

Baca juga: Aksi nyata 50 tahun merevitalisasi inspirasi, Indomie memfasilitasi kemajuan sekolah untuk bangsa

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sedangkan Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 mdpl.

Gunung Arjuno yang letaknya bersebelahan dengan Gunung Welirang meliputi Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II.Puncak Gunung Arjuno berada pada punggungan yang sama dengan puncak Gunung Welirang dan lebih dikenal dengan kompleks Arjuno-Welirang.

Akses pendakian gunung setinggi 3.339 mdpl ini dapat ditempuh melalui empat pos pendakian yaitu Tretes di Prigen Kabupaten Pasuruan, jalur Tambaksari di Purwodadi Pasuruan, dan jalur Sumber Brantas di Cangar Kota Batu, dan terakhir melalui jalur jalur Lawang, Malang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button