Dit Pamobvit Baharkam Polri Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Delegasi KTT G20, Begini Caranya - WisataHits
Yogyakarta

Dit Pamobvit Baharkam Polri Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Delegasi KTT G20, Begini Caranya

OKINMEDIA.ID, Bali – Baharkam Polri juga terlibat mengamankan KTT G20 di Bali melalui Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit). Dalam proses pengamanan, anggota Baharkam turut mengamankan kegiatan side event dan main event.

Dirpamobvit Korshabara Baharkam Polri, Brigjen Suhendri, mengatakan beberapa anggotanya ditempatkan di hotel tempat para delegasi nantinya akan menginap. Anggota-anggota ini nantinya akan berada di bawah kendali Pasukan Keamanan Presiden (Paspampres).

“Jadi dalam side event ini, pihak kepolisian bertanggung jawab penuh untuk menjaga keamanan,” kata Suhendri, Minggu (13/11/2022) di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali.

Dalam kesempatan itu, dia juga meyakinkan bahwa pihaknya akan menjamin keselamatan delegasi negara yang menghadiri KTT G20. Selama proses pengamanan, ia juga berpesan kepada stafnya untuk bersikap sopan dan tegas, serta memperlakukan tamu negara dengan baik.

“Anda (delegasi) tidak perlu ragu bahwa kami siap menghadapi kemungkinan ancaman yang akan datang,” katanya.

Untuk menunjang penampilan aparat keamanan, anggota Pamobvit yang dikerahkan mengenakan jas dan dasi. Setelan untuk keamanan tamu VVIP dan tie-dye untuk acara tingkat menteri.

“Kalau pakai jas, akan lebih menghargai tamu VVIP. Saat menggunakan tie-dye sebagai side event, kami mengedepankan simbol-simbol budaya Indonesia. Gugatan itu mendapat instruksi dari Paspampres,” katanya.

Selain memastikan terselenggaranya KTT G20, pihaknya juga akan menyiapkan pengamanan bagi para delegasi yang ingin berwisata atau berbelanja setelah KTT G20 digelar.

Dalam hal ini, pihak kepolisian setempat yang wilayahnya memiliki kawasan wisata dan perbelanjaan siap memberikan pengamanan.

“Insya Allah kami semua siap. Kami memberi tahu anggota baik di samping maupun di acara dan tur,” katanya.

Objek penting lain yang diamankan adalah tempat ibadah. Hal ini dilakukan agar masyarakat dan jamaah yang hendak beribadah tetap dapat memperoleh keamanan dan kenyamanan.

“Bahkan gereja Minggu dan sholat Jumat. Ibadah termasuk delegasi siap beribadah, kami akan memastikan keamanan. Sejauh ini kami aman dan mereka menghargai pekerjaan kami,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button