Disporapar Dikelilingi Banjir di Jateng: Kota Tua Tetap Jadi Destinasi Wisata Terpopuler - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Disporapar Dikelilingi Banjir di Jateng: Kota Tua Tetap Jadi Destinasi Wisata Terpopuler – Solopos.com

Disporapar Dikelilingi Banjir di Jateng: Kota Tua Tetap Jadi Destinasi Wisata Terpopuler – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kota Tua Semarang dilanda banjir saat liburan Tahun Baru 2023 (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Banjir yang melanda Kota Semarang, Jawa Tengah (Jawa Tengah), pada Sabtu (31/12/2022) pergantian tahun rupanya tak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata Kota Lama. Ternyata, berdasarkan data Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Kota Lama masih menempati urutan pertama daftar destinasi wisata terpopuler di Jateng saat liburan tahun baru 2023.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata (Kabid) Disporapar Jateng Setyo Irawan mengatakan, banjir yang melanda Kota Semarang sebenarnya berdampak besar pada kunjungan wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang terdampak adalah Pantai Marina yang mengalami penurunan drastis kunjungan wisatawan saat libur Tahun Baru 2023 dibandingkan libur Natal 2022 atau sepekan sebelumnya.

Promosi Hyperlocal Tokopedia Meroket Penjualan Online Sebesar 147%

Alhasil, Pantai Marina yang sebelumnya menduduki peringkat kelima daftar tempat wisata yang paling banyak dikunjungi, tergeser posisinya. Posisi tersebut kini ditempati objek wisata di kawasan dataran tinggi seperti Dieng, Kabupaten Wonosobo.

Beriklan dengan kami

“Ya, ada pergeseran turis saat tahun baru. Ini karena cuaca dan banjir. Seperti kota tua, Pantai Marina sepi karena turis sudah pindah ke daerah atas,” kata Setyo kepada Solopos.com, Selasa (1/3/2023).

Meski mengalami penurunan drastis saat libur tahun baru, catatan Disporapar Jateng, Kota Lama Semarang masih menempati urutan pertama daftar destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Jateng. Hal ini dikarenakan Kota Tua merupakan kawasan wisata gratis yang tidak memungut biaya apapun, sehingga wisatawan dapat bebas berkeliaran di sekitar tempat ini tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Catatan Disporapar Jateng, Kota Lama yang berdekatan dengan Stasiun Kereta Api Tawang dan jalur utama Pelabuhan Tanjung Emas menuju Kota Semarang ramai dikunjungi wisatawan sebelum banjir atau pada Jumat (30/12/2022). Oleh karena itu, kawasan Kota Lama tetap menjadi tujuan wisata paling populer di kawasan tersebut.

“Bahkan setelah tahun baru, kami dikepung banjir dan penurunan drastis [kunjungan] Turis. Namun sebelum 30 Desember 2022, kota tua itu sudah banyak dikunjungi wisatawan. Jadi dia tetap dibantu dan didahulukan,” jelasnya.

Beriklan dengan kami

Sekadar informasi, selama liburan Natal 2022, Pantai Marina menempati urutan kelima sebagai objek wisata terpopuler dengan kunjungan wisatawan domestik mencapai 28.090 orang dan 0 wisatawan mancanegara. Selama libur tahun baru 2033, kawasan Dieng, Wonosobo menempati urutan kelima dengan 58.546 wisatawan domestik dan 15 wisatawan mancanegara.

Sedangkan untuk Kota Lama Semarang, 97.986 wisatawan domestik dan tidak ada wisatawan (wisman) mancanegara yang berkunjung selama liburan Natal 2022. Sementara itu, hingga liburan Tahun Baru 2023, sekitar 132.590 wisatawan domestik mengunjungi Kota Lama Semarang, meskipun tidak ada wisatawan mancanegara yang berminat.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button