Disparbud Jabar gencar kembangkan desa wisata pada 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Disparbud Jabar gencar kembangkan desa wisata pada 2023

Disparbud Jabar gencar kembangkan desa wisata pada 2023

Bisnis.comBANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat fokus mengembangkan desa wisata pada 2023.

Tumbuhnya desa wisata diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan yang datang ke Jawa Barat.

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan, desa wisata bahkan berpotensi mendatangkan wisman ke Jabar. Fokus pengembangan desa wisata juga sejalan dengan peraturan daerah yang ada.

“Karena ini (desa wisata) bisa menarik wisatawan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Hal ini terus kita bahas, apalagi sejak dikeluarkan Peraturan Daerah (Perda) untuk desa wisata. Jadi ini sedang kita perkuat di Jabar,” ujarnya di Bandung, Selasa (1/3/2022).

Menurutnya, pembentukan desa wisata nantinya akan meminta kontribusi dari diaspora Indonesia di Australia untuk menarik wisatawan mancanegara guna membicarakan kebutuhan yang harus disediakan Jabar bagi wisatawan mancanegara.

“Biasanya mereka membawa wisatawan ke Indonesia tapi tidak ke Jawa Barat karena Jawa Barat dianggap belum siap, padahal yang dibawa dari diaspora ini adalah wisatawan berduit,” ujarnya.

Dengan adanya desa wisata, akan banyak peluang wisatawan mancanegara untuk mampir di wilayah Jawa Barat. Sehingga desa wisata ini menjadi hal yang terpenting dan akan menjadi fokus di tahun 2023.

“Karena selama ini kita (Jawa Barat) belum bisa menawarkan destinasi wisata yang diminati wisatawan mancanegara. Namun saat ini kami sedang mengupayakan bagaimana cara menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi kita bikin lagi,” ujarnya.

Progres pengembangan desa wisata di Jawa Barat cukup baik. Bahkan, pada 2022, lima desa wisata Jabar akan masuk dalam daftar 50 Besar Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Kelima desa tersebut adalah Desa Cisande, Kabupaten Sukabumi, Desa Gegesik Kulon, Kabupaten Cirebon, Desa Alam Endah, Kabupaten Bandung, Desa Selasari, Kabupaten Pangandaran dan Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut.

“Makanya saat ini kami sedang berupaya mendatangkan wisatawan yang punya uang ke Jawa Barat. Dan insyaallah kami akan mengajak diaspora untuk membicarakan infrastruktur apa yang dibutuhkan atau menjadi daya tarik wisman (ke Jabar),” jelasnya.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button