Disparbud Garut menyebut Jap Jip menjadi daya tarik baru bagi wisatawan - WisataHits
Jawa Timur

Disparbud Garut menyebut Jap Jip menjadi daya tarik baru bagi wisatawan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut menyebut produk wisata baru Jap Jip, yakni program kegiatan mengendarai jeep menjadi daya tarik baru bagi wisatawan untuk mengeksplorasi keindahan alam Garut.

“Bagi yang berwisata, kegiatan Jap Jip menjadi daya tarik, kami di Dinas Pariwisata mendorong setiap kegiatan kreatif untuk memanfaatkan potensi peluang menjadi daya tarik wisata, menjadi usaha pariwisata,” ujar Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut ( Disparbud), Mamun, Kamis (24/11/2022).

Dikatakannya, program jip jap dikembangkan oleh komunitas jip di Kabupaten Garut yang sebelumnya hanya gemar menjelajah Garut, kini akan ditawarkan kepada wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan Garut dengan jip.

Paket yang ditawarkan dalam program Jap Jip, kata dia, menawarkan wisata ke kawasan Gunung Guntur di Kabupaten Tarogong Kaler, kemudian ke hutan Cirorek dan Situ Cibeureum di Kabupaten Samarang.

“Wisatawan bisa melihat keindahan Gunung Guntur dan bebatuan kemudian explore Cirorek, ada juga Situ Cibeureum, dan kegiatan tersebut tidak merusak alam tapi mencerdaskan lingkungan,” ujarnya.

Ia menuturkan, Disparbud Garut tentu mendukung kegiatan ini karena merupakan wisata baru yang bisa dipilih wisatawan untuk menjelajahi keindahan alam Kabupaten Garut.

Disparbud Garut, lanjutnya, selanjutnya akan memberikan pelatihan dan pembinaan bagi pengelola program wisata Jap Jip untuk meningkatkan manajemen dan memperhatikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan.

“Dinas sendiri menyambut mereka dan akan memberikan pengarahan bagaimana kegiatan pariwisata dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada wisatawan, ‘wisata olahraga’ harus aman,” kata Mamun.

Ia berharap kegiatan Jap Jip di Garut bisa menandingi daerah lain yang sudah berkembang, seperti Gunung Api Yogyakarta, kemudian Gunung Bromo, Jawa Timur yang keberadaannya memberikan banyak manfaat, terutama pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Menurutnya, jalur jeep adventure yang ditawarkan di Garut tidak kalah menariknya dengan daerah lain, bahkan lebih menarik lagi seperti menelusuri kaki Gunung Guntur, di mana Anda bisa melihat langsung keindahan gunung tersebut.

“Harapan kami, secara alami akan menarik wisatawan, dapat menjadi daya tarik yang dapat mendongkrak kunjungan ke Garut, dengan adanya kegiatan ini tentunya dapat memberikan nilai ekonomi yang sebesar-besarnya bagi para pelaku usaha Jap Jip dan menyerap pemberdayaan ekonomi,” ujarnya. .

Sedangkan kegiatan wisata ini menawarkan sensasi berkendara melalui jalur yang cukup ekstrim dengan menggunakan jeep, sehingga memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Program wisata tersebut dioperasikan oleh Komunitas Kelompok Jip Anak (Kujang) Garut dengan nama Jap Jip yang artinya Jajap (antara) dengan jip.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button