Dispar Sleman Pastikan Jeep Wisata Harus Utamakan Keselamatan Wisatawan - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Dispar Sleman Pastikan Jeep Wisata Harus Utamakan Keselamatan Wisatawan – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menegaskan jeep wisata yang beroperasi di sejumlah destinasi wisata di wilayahnya harus mengutamakan pelayanan dan keselamatan wisatawan.

“Keberadaan jeep wisata di berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sleman khususnya di lereng Gunung Merapi harus selalu mengutamakan aspek pelayanan dan keselamatan wisatawan,” kata Ishadi Zayid, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, di Sleman pada Senin.

Menurutnya, bisnis jasa wisata jeep tidak hanya berfungsi untuk membawa wisatawan ke suatu destinasi, tetapi juga untuk memperkenalkan berbagai atraksi dan destinasi yang mungkin belum pernah dijangkau wisatawan.

Baca Juga: Wakil Bupati Sleman Terima Kunjungan Dubes Khusus DIY untuk Promosikan Pariwisata

“Intinya, operator atau pengemudi jeep wisata harus merangkap sebagai pemandu wisata, mampu menjelaskan dan mempromosikan berbagai objek dan destinasi dengan berbagai manfaat,” katanya.

Dikatakannya, saat ini merupakan saat yang tepat bagi seluruh insan pariwisata untuk berbenah, baik pengelola destinasi, Pokdarwis maupun pelaku bisnis jasa pariwisata.

“Mengingat aktivitas pariwisata sudah mulai booming lagi saat ini pasca pandemi Covid-19,” ujarnya.

Manajer Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Usaha Pariwisata Biro Pariwisata Kabupaten Sleman Nyoman Rai Savitri mengatakan, Pemkab Sleman berupaya meningkatkan kemauan pelaku usaha jasa pariwisata Jeep khususnya di lereng Gunung Merapi untuk menyambut wisatawan. berbagai pos pemeriksaan setahun sekali.

“Pemeriksaan dilakukan oleh Dishub Sleman secara terpadu bersama Dinas Pariwisata, Polres Sleman, Denpom IV/2 Yogyakarta, Polsek Cangkringan, Koramil Cangkringan, Satpol PP Sleman, Cangkringan (Kecamatan) Kapanewon, UPT Evaluasi Kendaraan Bermotor dan Desa Umbulharjo,” katanya.

Baca juga: Dispar Sleman Kampanyekan Gerakan Jumat Bersih di Destinasi Wisata

Dia mengatakan 2022 akan berakhir dengan pemeriksaan yang dilakukan seminggu lalu.

“Pemeriksaan jeep wisata meliputi kepemilikan SIM dan kondisi fisik kendaraan, antara lain rem dan rem tangan, selang fleksibel, sling, kondisi ban, wiper, rami, baut, kabel, sabuk pengaman dan lain-lain,” katanya. .

Menurut dia, pemeriksaan jeep wisata pekan lalu dilakukan di base camp TLCM, base camp MJAK dan inspeksi/pemeriksaan mendadak di jalur gerbang Umbulharjo yang bertujuan untuk memberikan pembinaan pelayanan keamanan bagi wisatawan.

“Jeep tour operator dihimbau untuk terus mempersiapkan dan merawat kendaraan dalam kondisi baik selama beroperasi,” ujarnya.

Aspek kenyamanan dan keamanan wisatawan, kata dia, harus diprioritaskan agar wisatawan yang menggunakan jeep dikenang dengan pelayanan prima.

“Hal-hal seperti itu tentunya secara otomatis akan mendukung promosi Jeep Wisata Merapi Piste kepada mitra wisatawan, kerabat dan teman-teman,” ujarnya.
Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman bersama Polres Sleman dan tim gabungan lainnya melakukan pemeriksaan kelayakan mobil jeep wisata di lereng Gunung Merapi. ANTARA/HO-Dispar Sleman

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button