Dispar DIY mengidentifikasi 12 lokasi wisata yang berpotensi dikunjungi wisatawan di seluruh Nataru - WisataHits
Yogyakarta

Dispar DIY mengidentifikasi 12 lokasi wisata yang berpotensi dikunjungi wisatawan di seluruh Nataru

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Dinas Pariwisata DIY (Dispar) mengidentifikasi 12 spot wisata DIY yang berpotensi menjadi tempat berkumpulnya wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Langkah ke depan juga harus disiapkan mengingat lebih dari 4 juta wisatawan diperkirakan akan berkunjung ke DIY saat musim liburan nanti.

Singgih Raharjo, Kepala Dispar DIY, mengatakan puluhan titik yang akan ramai dikunjungi wisatawan adalah Keraton Malioboro, Ayunan Langit Mudal, Waduk Sermo Kalibiru, Hutan Pinus Mangunan, Jalan Monjali Kaliurang, Prambanan, Breksi, Bukit Bintang. Nglanggeran, Gua Pindul dan Pemandangan Laut HeHa.

Selain itu, di kawasan pesisir juga terdapat beberapa tempat seperti Kawasan Pantal Glagah, Pantai Baron-Indrayanti dan Pantai Parangtritis-Depok.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Permata Tersembunyi di Jogja yang Cocok untuk Penyembuhan, Menenangkan Pikiran di Tahun Baru 2023

“Ke-12 lokasi itu berpotensi menimbulkan kemacetan,” kata Singgih, (23/12/2022).

Untuk mencegah kepadatan, pihaknya akan mendistribusikan event wisata di seluruh Nataru.

Hal ini diharapkan dapat memecah jumlah kunjungan wisatawan yang selama ini terkonsentrasi di kawasan pusat kota Yogyakarta.

Misalnya, Dispar DIY di Kabupaten Bantul telah menyiapkan 4 event wisata, seperti di Gunung Wangi Piyungan (Pesta Kembang Api & Akustik), Puncak Angka (Pesta Kembang Api & Akustik), Bojong Ari Depok (Pesta Kembang Api & Koesplus) dan Pantai Goa Tanne ( Kembang Api & Elektone) .

Ada 11 event wisata di Sleman. Yakni di Watu Tapak (Perkemahan Spesial Malam Tahun Baru), Tlogo Putri Kaliurang (Demon Campursari Embun Laras); Tlogo Putri Kaliurang (penampilan oleh Neokustik Band); Tlogo Putri Kaliurang (Penampilan Turonggo Kencono Mudho), Tlogo Putri Kaliurang (Penampilan Jathilan Turonggo Prono Jati), Lapangan Parkir Watu Purbo (Senam Massal dan Bazar UMKM, Edutourism (Senam Bangkit Sleman), Gardu Pandang Kaliurang (Penampilan Kubro Roso Siswo ) , Gardu Pandang Kaliurang Pandang (Pertunjukan Romantis OM), Tebing Breksi (Makan Malam & Perkemahan Malam Tahun Baru) dan Tebing Breksi (Tebing Gumebyar Breksi 2023).

Lalu ada 2 event untuk Kulon Progo. Yakni di Sermo (pertunjukan musik & kembang api) dan Lapangan Wates (pementasan wayang).

Sedangkan Gunungkidul memiliki 5 event wisata di Pantai Wediombo (Angin Wediombo #4), Rest Area Cingkrang Tepus (Festival Bunga Angkringan), Bundaran Siyono (Malam Tahun Baru), Pantai Baron (senam massal dan organ perorangan), Mercusuar Baron (kembang api) ).

Baca Juga: Dinpar DIY Genjot Promosi Pariwisata Melalui Subsektor Film & Foto

Untuk kota Yogyakarta sendiri, belum ada event wisata khusus yang disiapkan, dengan harapan wisatawan tidak berbondong-bondong ke kawasan Tugu, Malioboro dan Keraton atau Gumaton tahun ini.

“Tidak ada acara khusus di Kota Jogja. Tapi acaranya di hotel untuk malam tahun baru atau sekedar makan malam,” jelasnya.

Menyambut musim liburan, pihaknya meninjau sejumlah wahana dan jip wisata di kabupaten/kota, memastikan ketersediaan dan penerapan protokol kesehatan.

Ia juga memastikan 153 desa wisata dan 191 destinasi wisata di 5 kabupaten/kota siap dikunjungi wisatawan.

“Kami juga telah menugaskan Dispar Kabupaten/Kota untuk secara rutin memantau destinasi wisata yang ada di wilayahnya,” ujarnya. (Tribunejogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button