Diskusi lingkungan dan pariwisata bersama Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo - WisataHits
Yogyakarta

Diskusi lingkungan dan pariwisata bersama Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Kabupaten Klaten, Jawa Tengah diberkati dengan kekayaan alam yang luar biasa di sisi utara yaitu Gunung Merapi.

Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo mengatakan jika berbicara tentang potensi alam Gunung Merapi tidak hanya tentang potensi pertambangan tetapi juga tentang pariwisata.

“Sebenarnya kalau kita bicara tentang potensi alam Gunung Merapi itu luar biasa, tidak hanya ekskavasi, tapi juga tentang pariwisata seperti pemandangan alam, biji kopi, wisata desa Girpairs dan lain-lain,” katanya tentang bintang tamu People’s Majelis Juara Tribunjogja.com, Jumat (11/11/2022).

Dijelaskannya, adanya galian C merusak beberapa ruas jalan menuju tempat wisata di lereng Gunung Merapi di Klaten.

Baca Juga: Klaten Ternyata Singkapan Batuan Tertua di Pulau Jawa, Umurnya 98 Juta Tahun!

Untuk itu, ia mendorong Pemerintah Kabupaten Klaten untuk memaksimalkan retribusi bagi para penambang galian C.

“Ke depan, kita juga akan mendorong pola pembalasan pajak seperti Sleman, ketika Sleman memungut pajak, tidak menambangnya, itu dilakukan di jalan untuk truk yang lewat,” katanya.

Dikatakannya, jika dihitung pendapatan yang dihasilkan dari pola ini jauh lebih besar dan uangnya bisa digunakan untuk pemeliharaan jalan yang rusak.

“Karena kalau bicara Gunung Merapi bukan hanya tentang pertambangan, tapi juga tentang pariwisata, dan agar akses jalan ke sana lancar, retribusi perlu dimaksimalkan,” tambahnya.

Baca juga: Sejarah bank sampah di Klaten yang mengolah sampah kemasan dari deterjen menjadi tas laptop dan berhasil merambah pasar Eropa

Menurut politisi PDIP itu, kesadaran menjaga alam dan membayar retribusi harus datang dari kedua belah pihak, bukan hanya masyarakat atau pengambil kebijakan.

Selain itu, kata anggota DPRD Klaten untuk dua periode tersebut, pendapatan pariwisata juga bisa dimaksimalkan dengan memanfaatkan bekas tambang di lereng Gunung Merapi.

“Kalau pariwisata dimaksimalkan, hasilnya setara dengan tambang, misalnya Tebing Breksi yang dulunya tambang batu kapur sudah menjadi tempat wisata dan sekarang hasilnya luar biasa,” ujarnya.

Kedepannya, lanjut Hamenang, pihaknya selaku MP akan mendorong masyarakat untuk mengembangkan pariwisata dan masalah akses jalan wisata di lereng Gunung Merapi akan dibenahi secara bertahap. (tribunjogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button