Diskon tiket kereta api untuk dosen dan alumni dari 5 universitas, lihat syarat dan ketentuan umum - WisataHits
Jawa Tengah

Diskon tiket kereta api untuk dosen dan alumni dari 5 universitas, lihat syarat dan ketentuan umum

KOMPAS.com – Dosen dan pendidik (ilmu kewargaan) serta alumni di lima universitas mendapat diskon 10 persen tiket kereta api.

Kelima universitas tersebut adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Diskon yang diberikan hanya berlaku untuk perjalanan kereta api jarak jauh dan menengah, baik di kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Diskon Tiket Kereta Api untuk Dosen dan Alumni 5 Perguruan Tinggi

Syarat dan Ketentuan Tarif Diskon Instruktur dan Alumni

Sesuai informasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI), ketentuan pengurangan listrik bagi masyarakat dan alumni perguruan tinggi adalah sebagai berikut:

  1. Pembelian tiket diskon atau pengurangan tarif hanya dapat dilakukan melalui aplikasi akses KAI. Tiket diskon hanya berlaku untuk dosen aktif dan staf pengajar serta asosiasi alumni universitas.
  2. Dosen dan guru (sivitas) harus memiliki dokumen tanda pengenal dosen dan guru, yang tercantum sebagai Nomor Induk Kepegawaian (NIP) atau Nomor Induk Kepegawaian (NIK).
  3. Keluarga atau alumni Parguruan College wajib memiliki kartu anggota alumni/kartu anggota digital yang mencantumkan nomor keanggotaan atau ijazah.
  4. Tarif diskon tidak berlaku untuk kereta S-Bahn, tarif khusus, tarif promosi, kereta prioritas, kereta imperial dan mewah (Tidur), Panorama, Kompartemen atau kereta wisata lainnya.
  5. Di kereta yang sama, penumpang hanya berhak mendapatkan tiket diskon.

Baca Juga: Layanan Antigen dan PCR di Stasiun Tertutup, Apa Alasannya?

Dengan cara ini Anda menerima potongan harga untuk dosen dan alumni

Sebelum Anda dapat memanfaatkan tarif diskon ini, Anda harus mendaftar untuk mendapatkan diskon di Pelayanan pelanggan Station dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota Dosen dan Dosen/Alumni/Ijazah beserta Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk entri NIK.

Ditegaskan secara tegas bahwa KTP asli yang digunakan harus tetap berlaku sesuai dengan hak pengurangannya.

Setelah mendaftar di stasiun CS, Anda dapat mengunduh aplikasi KAI Access dan mendaftar dengan NIK yang sesuai. Jika proses registrasi berhasil, opsi diskon tarif akan otomatis tersedia di aplikasi KAI Access.

Opsi menu diskon hanya tersedia melalui aplikasi KAI Access dan tidak dapat ditukarkan melalui penjualan loket stasiun.

Kemudian, selama proses boarding dan penyaringan di atas, Anda harus menunjukkan identitas asli Anda untuk mendapatkan diskon.

Baca juga: Aturan Mengemudi Kereta Jarak Jauh Terbaru yang Up to date

Kategori Tarif Diskon Tiket

Perlu diketahui, tidak semua masyarakat dan alumni kelima universitas tersebut mendapat potongan harga tiket kereta api. Diskon 10 persen diberikan untuk informasi berikut:

  • Jenis pengurangan masyarakat: Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM)
  • Jenis pengurangan alumni: Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sebagai informasi, tiket kereta api diskon dikeluarkan untuk perjalanan kereta api antar kota dan tidak dapat digunakan di kereta lokal (bersubsidi/PSO dan komersial).

Baca Juga : Syarat, Biaya dan Cara Kerja SKCK 2022

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: money.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button