Disebut Ibu Kota Kabupaten Semarang, Ini Fakta Menarik Bawen Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Disebut Ibu Kota Kabupaten Semarang, Ini Fakta Menarik Bawen Solopos.com

Disebut Ibu Kota Kabupaten Semarang, Ini Fakta Menarik Bawen Solopos.com

SOLOPOS.COM – Dusun Semilir, salah satu tempat wisata di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang (Instagram @dusunsemilir)

Solopos.com, HUNGARIA — Kecamatan Bawen ditetapkan menjadi pusat pemerintahan atau ibu kota Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jawa Tengah). Berikut fakta menarik tentang Kecamatan Bawen yang merupakan surga atau pusat industri dan pariwisata di Kabupaten Semarang.

Wacana pemindahan pusat pemerintahan atau ibu kota dari Kabupaten Semarang ke Bawen sebenarnya sudah berlangsung lama, sekitar tahun 2017. Dikutip dari www.semarangpos.comPemindahan ibu kota Kabupaten Semarang dari Ungaran ke Bawen muncul sebagai alternatif usulan pemekaran wilayah di Kabupaten Semarang.

Jangan lewatkan promo menariknya, Mercedes-Benz punya promo akhir tahun yang menarik

Lokasi Bawen dianggap strategis sebagai ibu kota Kabupaten Semarang. Hal ini dikarenakan letak Ungaran yang terlalu jauh dari daerah lain di Kabupaten Semarang seperti Suruh, Tengaran, Bancak dan Jambu.

Namun, wacana tersebut seolah menguap seiring berjalannya waktu dan pergantian rezim di pemerintahan Kabupaten Semarang.

Beriklan dengan kami

Namun, wacana ini muncul kembali. Ada tiga pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dalam konsultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 tahun ini, termasuk pemindahan pusat pemerintahan kabupaten. Bawen kembali menjadi ibu kota Kabupaten Semarang.

Ada dua lokasi alternatif yang menjadi Pusat Pemerintahan Kabupaten. Salah satunya di kawasan PTPN IX di Bawen dan lokasi kedua yang belum bisa diumumkan.

“Studi untuk relokasi pusat pemerintahan kabupaten sudah ada. Tinggal berkonsultasi dengan DPRD Kabupaten Semarang,” kata Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Kamis (1/12/2023).

Diakui, tujuan pemkab untuk kemajuan ke depan adalah mencari lahan atau lahan untuk lokasi transmisi. Wacana pemindahan ibu kota kabupaten yang saat ini berada di Ungaran bukanlah hal baru. Selama beberapa tahun wacana ini telah muncul.

Beberapa pertimbangan antara lain karena Ungaran terlalu ramai. Selain itu, Ungaran tidak berada di tengah Kabupaten Semarang sehingga dianggap terlalu jauh untuk beberapa kecamatan.

Beriklan dengan kami

Bawen kembali disebut-sebut sebagai alternatif pemindahan ibu kota Kabupaten Semarang, salah satunya karena kecamatan ini berada di pusat wilayah kabupaten. Bawen merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Semarang yang letaknya sangat strategis.

Selain letaknya yang strategis, Bawen juga dikenal sebagai kawasan yang kaya akan industri dan pariwisata. Sejumlah industri besar seperti Coca-Cola, Apac Inti Corpora, Star Wigs dan lainnya didirikan di Kabupaten Bawen.

Di kawasan ini juga banyak terdapat tempat wisata menarik seperti Dusun Semilir, Cimory dan lain-lain.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Semarang, Bawen memiliki luas 46,57 kilometer persegi. Kecamatan yang disebut-sebut sebagai ibu kota Kabupaten Semarang ini terdiri dari sembilan desa dan kecamatan. Jumlah penduduk Bawen akan mencapai 59.948 jiwa pada tahun 2021.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button