Disbudporapar Klaten optimis meraih API award - WisataHits
Jawa Tengah

Disbudporapar Klaten optimis meraih API award

RADARSOLO.ID – Anugerah Pesona Indonesia atau yang dikenal dengan API Award akan kembali digelar tahun ini. Kota Banda Aceh dinobatkan sebagai tuan rumah penghargaan di bidang pariwisata tersebut. Malam penghargaan akan berlangsung pada 25 November. Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten optimis dengan penghargaan tersebut.

Kali ini, dua destinasi wisata asal Klaten masuk nominasi API Award. Pertama kali adalah Talang Bike Park di Balerante, Kabupaten Kemalang yang masuk dalam kategori Sport and Adventure. Kemudian tempat wisata Girpair di Kemalang yang masuk dalam kategori dataran tinggi. Kedua lokasi ini harus bersaing dengan berbagai daerah di Indonesia yang masuk dalam kategori masing-masing.

Sebelumnya, publik bisa memilih calon, melalui SMS atau pemilihan melalui media sosial. Pemungutan suara berakhir pada 31 Oktober. Meski demikian, Ketua Disbudporapar Klaten Sri Nugroho optimistis bisa meraih juara I pada dua kategori tersebut.

“Dari segi voting, khususnya di kategori Dataran Tinggi, Gir Pasang menyalip destinasi peringkat teratas asal Aceh. Namun, setelah ditutup dan dilakukan pemungutan suara oleh panitia, belum diketahui hasilnya. Tapi saya yakin Klaten bisa (menang),” kata Sri Nugroho Radar Solo JawaPo, Senin (14/11).

Selain itu, menurut Sri Nugroho, Bike Park Kali Talang dan Gir Pasang sebelumnya telah melalui tahap penilaian multi indikator. Hingga akhirnya diakui sebagai nominator kategori Sports and Adventure dan Highland dengan menjatuhkan ribuan objek wisata lainnya.

Khusus untuk Gir Pasang, Pemerintah Kabupaten telah mendorong Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Tegalmulyo, Kemalang untuk terus mengembangkan tempat-tempat baru.

“Kami tidak hanya mempromosikan sirkulasi ekonomi di atas itu. Namun hal ini juga saya sampaikan kepada kepala desa (kades) di bawah. Misalnya, mengembangkan tempat parkir untuk bus sehingga bisa naik ke sana dengan jip sehingga menjadi daya tarik tersendiri,” kata Sri Nugroho. (ren/nik)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button