Dipopulerkan oleh media sosial, lihat keindahan Puncak Dabo di Kota Samarinda - WisataHits
Jawa Tengah

Dipopulerkan oleh media sosial, lihat keindahan Puncak Dabo di Kota Samarinda

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Daerah perbukitan di kota Tepian Samarinda dapat menjadi daya tarik. Ingat jika Anda berada di atas bukit Anda dapat melihat pemandangan atau situasi kota Samarinda.

Berawal dari kecintaan terhadap dunia radio, warga kawasan Jalan Damai, Desa Damai, Kota Samarinda rela tinggal di kawasan perbukitan kemudian mendirikan stasiun radio mini dan ternyata muncul inspirasi lain, di sekitar kawasan perbukitan menjadi tempat wisata, apalagi operator radio suka pergi dari daerah yaitu ke pulau jawa, dan terinspirasi untuk membangun kawasan bukit wisata.

“Saya dan teman-teman yang kebanyakan nomaden sudah menyiapkan siaran radio sejak 2008 lalu dievakuasi pada akhir 2019. Kami berdua berpikir untuk mencari solusi apa yang harus diberikan di bukit gang 4 Jalan Damai. Ada fasilitas untuk merencanakan sarang burung walet. Namun kemudian berkembang diskusi tentang keinginan untuk melakukan spot foto. Jadi paviliun pertama adalah tempat untuk pintu. Kami mengambil gambar dan kemudian membagikannya di media sosial, ternyata banyak teman yang meminta untuk berbagi lokasi dengan kami, yang disebut Puncak Dabo, Jalan Perdamaian Gang 4, “kata Dayat yang juga salah satu pendiri dan pengelola dari Puncak Dabo.

Baca Juga: Jadwal Festival Mahakam 2022 Di Samarinda, Beberapa Negara Juga Akan Dimeriahkan

Usai membangun spot foto dan gazebo, seminggu kemudian Dayat dan kawan-kawan berkumpul kembali dan membangun rangkaian spot foto.

Sesuai dengan situasinya, cenderung sepi, dan berada di atas bukit menawarkan bentangan suasana bangunan kota, sebagian kawasan Samarinda hijau, sebagian Sungai Mahakam.

Pengunjung yang menggunakan roda dua dipersilakan untuk memarkir kendaraannya di pinggir jalan perumahan atau di ruang terbuka dekat pemukiman.

Saat sampai di gang 4 Jalan Damai, beberapa anak tangga atau tangga mengarah ke petugas loket tiket dengan tarif 10.000 per orang.

Baca juga: BREAKING NEWS Kebakaran di Pelita 7 Samarinda, Seorang Lansia Meninggal

Sepertinya kurang dari 100 langkah dari pengunjung atau tribun sudah bisa mencapai Puncak Dabo.

Puncak Dabo sebenarnya merupakan akronim dari Damai Borneo sekitar bulan Februari atau Maret 2020, dicetuskan oleh Dayat dkk sebelum COVID-19 menyebar ke kota Tepian dan Kalimantan Timur.

Hadir di tengah wabah Covid 19 membuat Dayat dan kawan-kawan di pucuk pimpinan manajemen Dabo bersemangat untuk meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan dengan suasana alam hutan atau kebun sebagai cikal bakal transformasi menuju Puncak Dabo.

Baca Juga: Keajaiban di Film Cel #7 Nobar Agar Masyarakat Menyebarkan Samarinda

Source: kaltim.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button