Dinas Kesehatan Bandung Barat menyisir pedagang jajanan Ciki Ngebul - WisataHits
Jawa Barat

Dinas Kesehatan Bandung Barat menyisir pedagang jajanan Ciki Ngebul

Dinas Kesehatan Bandung Barat menyisir pedagang jajanan Ciki Ngebul

Bandung: Sejumlah pedagang Nona Kecil di wilayah Kabupaten Bandung Barat didatangi untuk membantu mereka memahami bahaya nitrogen cair yang terkandung dalam bahan makanan yang sedang populer di kalangan anak-anak ini.

Subkoordinator Biro Farmasi, Makanan, Minuman, Kosmetika dan Kesehatan Tradisional Bandung Barat Rendra Gustiawan mengatakan, upaya tersebut dilakukan sebagai langkah preventif agar tidak terjadi kasus serupa dengan yang terjadi di Bekasi dan Tasikmalaya.

“Snack center, tempat wisata yang mungkin ada pedagangnya Nona Kecil Kami akan mengunjungi mereka untuk menyosialisasikan bahaya makan,” katanya, Rabu, 11 Januari 2023.

Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Karena bisa berbahaya untuk dimakan, Dinas Kesehatan malah meminta pengecer untuk tidak menjualnya Nona Kecil. Diketahui, sedikitnya 28 anak keracunan setelah mengonsumsi jajanan tersebut, sebagian besar menderita penyakit usus.

“Dari kejadian yang kami amati di Tasikmalaya dan Bekasi, kami menduga anak dengan gejala berat mengalami radang usus karena tidak sengaja menelan sisa nitrogen cair yang terdapat pada makanan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat nitrogen cair masuk ke dalam tubuh, organ usus anak melemah. Selain itu, daya tahan tubuh anak juga belum sebaik orang dewasa, sehingga dapat memperparah gejala terutama pada lambung anak.

Rendra mengatakan sejauh ini belum ditemukan kasus keracunan Ciki Ngbul di wilayah Bandung Barat. Namun, pihaknya telah menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan di seluruh kecamatan.

“Alhamdulillah, berdasarkan data dan informasi dari sektor P2P, sejauh ini belum ada laporan kasus di Bandung Barat. Kami berharap masyarakat segera melaporkan kasus keracunan makanan ini,” katanya.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News medcom.id

(WHS)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button