Dikunjungi 2 Juta Wisatawan, Implementasi Retribusi Wisata Gunung Kidul Capai Rp 14 Miliar: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Dikunjungi 2 Juta Wisatawan, Implementasi Retribusi Wisata Gunung Kidul Capai Rp 14 Miliar: Okezone Travel

REALISASI Pendapatan asli daerah dari sektor retribusi pariwisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencapai Rp 14,42 miliar pada pertengahan Agustus 2022 dari target Rp 27 miliar.

Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian mengatakan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 14,42 miliar berasal dari total 2.010.266 kunjungan wisatawan.

“Tahun ini kami menargetkan total kunjungan wisatawan sebanyak 3.770.920 orang atau Rp 27 miliar. Sejauh ini sudah terealisasi 2.010.266 wisatawan dengan PAD Rp 14,42 miliar,” kata Aldian.

Dia mengatakan kondisi pariwisata terus menunjukkan pemulihan. Hal ini terlihat dari banyaknya kunjungan wisatawan yang mencapai destinasi wisata di Gunungkidul pada akhir pekan atau hari libur nasional.

Infografis pantai di Tulungagung

Untuk mendongkrak kunjungan wisatawan, Dispar Gunungkidul gencar melakukan promosi dengan menggandeng pemangku kepentingan pariwisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menurutnya, dengan meningkatnya jumlah kunjungan, begitu pula lama tinggal wisatawan di Gunungkidul. Hal ini terlihat dari survei Juli lalu yang memiliki lama menginap 1,18 hari.

“Dulu hanya di kisaran 0,91 hari. Belum genap dua hari, tapi ada peningkatan,” katanya.

Pemilik homestay di Pantai Nglambor di Desa Purwodadi, Aditya Putratama, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan sudah mulai meningkat. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan relaksasi kunjungan pemerintah beberapa waktu lalu.

“Semakin banyak orang yang snorkeling di Pantai Nglambor. Selain itu ada juga yang menginap dengan homestay,” kata Aditya.

Ia berharap situasi pandemi bisa terus terkendali sehingga jumlah pengunjung bisa terus meningkat di akhir tahun.

Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi perkembangan pariwisata karena terhenti akibat kebijakan penutupan destinasi wisata untuk mencegah penularan.

“Kita berharap Covid-19 mereda, sektor pariwisata pulih, sehingga pelaku pariwisata segera bangkit,” harapnya.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button