Dijamin Raos, Ini 5 Makanan Sunda Legendaris - WisataHits
Jawa Timur

Dijamin Raos, Ini 5 Makanan Sunda Legendaris

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia memiliki banyak makanan yang variatif sehingga cocok sebagai tujuan wisata kuliner, terutama dengan makanan khas daerah.

Misalnya saja makanan khas dari Sunda, Jawa Timur hingga Jawa Tengah yang memiliki ciri khas tersendiri dan sangat menggugah selera.

Di tanah Sunda juga terdapat sejumlah masakan khas yang selalu melegenda.

Makanan khas ini biasanya diburu oleh para pecinta kuliner saat berkunjung ke daerah Jawa Barat ini.

Dibandingkan dengan makanan tradisional Indonesia lainnya, makanan Sunda terutama dicirikan oleh rasa asam yang segar, rasa asin, rasa pedas dan rasa yang sedikit manis. Bahan utama lainnya adalah sayuran hijau mentah yang dikenal sebagai “lalab” dan terasi.

Berikut 5 makanan khas Sunda yang sayang untuk dilewatkan:

1. Batagor

Batagor adalah singkatan dari “Bakso Tahu Goreng”. Bakso terbuat dari daging ikan giling, tepung kanji, daun bawang, garam dan merica. Isi tahu, goreng hingga garing dan potong kecil-kecil. Langkah terakhir adalah melapisi gorengan dengan saus kacang, kecap manis dan air jeruk nipis. Jika suka pedas, tinggal tambahkan saos sambal.

2.Cireng

Cireng yang merupakan singkatan dari “Aci Digoreng”, merupakan salah satu jajanan yang sangat populer di Jawa Barat, bahkan di Indonesia. Mempersiapkan hidangan bertepung ini cukup sederhana; Tepung tapioka dan tepung terigu dicampur dengan air, garam, merica, bubuk kedelai dan daun bawang. Adonan dibagi menjadi potongan-potongan kecil, dibentuk menjadi berbagai bentuk dan kemudian digoreng.

3. Kombinasi

Combro adalah jajanan Sunda lainnya yang patut dicoba dan tidak boleh dilewatkan. Singkong parut digunakan sebagai bahan dasarnya. Potongan bengkuang dibentuk menjadi bola berukuran sedang dan diisi dengan oncom tumis. Paling enak dikunyah dengan cabai hijau

4. Surabi

Surabi adalah panekuk versi tradisional, terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras dan dipanggang secara unik dalam wajan kue tanah liat di atas arang panas. Ada berbagai jenis topping yang bisa Anda pilih seperti: B. Gula aren, pisang, keju, nangka dan durian.

5. Karedok

Karedok terdiri dari kacang panjang cincang, tanaman hijau kecil, mentimun, kubis dan tauge. Sayuran yang sudah dipotong-potong tersebut kemudian dicampur dengan kelapa parut yang sudah disangrai sebelumnya. Hidangan yang bentuknya mirip salad ini bisa langsung disantap atau ditambah nasi putih.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: traveling.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button