Dibayar Rp8,4 Miliar, Jalan Menuju Pantai Klotok Wonogiri Dicor - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Dibayar Rp8,4 Miliar, Jalan Menuju Pantai Klotok Wonogiri Dicor – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pantai Klotok Wonogiri. (Spesial/Instagram@yogapra_setyo)

Solopos.com, WONOGIRI – Ruas jalan Bayemharjo Sejati menuju kawasan wisata Pantai Klotok di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri akan digenangi air pada tahun 2023. Hal ini menyusul disetujuinya usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Jalan 2023 oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri.

Meski disetujui pembangunannya, anggaran yang disetujui sebesar Rp 8,455 miliar, atau setengah dari yang diusulkan. Ketika diusulkan pada awal 2022, jalan sepanjang 9 km akan menghabiskan anggaran sebesar Rs 16,92 miliar untuk dibangun.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Kepala Dinas DPU Wonogiri (Kepala Bina Marga) Didik Sudarmaji mengatakan, dana Rp 8,455 miliar hanya bisa membangun jalan sepanjang 6 kilometer. Artinya pembangunan ruas jalan tersebut belum selesai 100%.

“Karena ruas jalan belum selesai, kami akan mengajukan bantuan dari APBD.” [Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah]. Mudah-mudahan rencana keringanan APBD disetujui,” ujarnya Solopos.comRabu (19/10/2022).

Kondisi jalan Sejati-Bayemharjo dinilai perlu perbaikan. Kondisi saat ini masih berupa potongan jalan dengan dua lajur. lebar 3,5 meter.

Baca Juga: Perhatikan 3 Hal Ini Agar Daerah Wonogiri Anda Menjadi Desa Wisata

Meski akan dituang, Didik memastikan tidak ada program pengaspalan selama konstruksi.

Dengan anggaran Rp 8,455 miliar, lebar jalan tidak akan diperluas. Sejauh ini, pengendara masih bisa menyeberang jalan, meski harus bergantian.

“Kita coba ajukan 4 meter dengan dana Rp 16,92 miliar. Karena sekarang hanya Rp 8,455 miliar, lebar jalan tidak bisa diperluas. Mobil bisa lewat, tapi kalau lewat, harus minggir dulu,” katanya.

Bahkan, ada empat ruas jalan yang diusulkan DPU Wonogiri untuk dibangun dari sumber DAK pemerintah pusat. Ruas-ruas tersebut meliputi jalan True-Bayemharjo, Bayemharjo-Giribeli, Giribeli-Paranggupito dan Pantai Parangupito-Klotok.

Baca Juga: Mulai 2023, Kawasan Pantai Wonogiri Akan Dibangun Rp 5,1 Miliar

“Namun, hanya satu yang disetujui,” katanya.

Sebelumnya, pembayaran DAK untuk pengembangan kawasan wisata juga masuk ke Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri. Tujuannya untuk mendesain kawasan Pantai Klotok. Seperti DPU Wonogiri, usulan dana penataan kawasan pesisir di Wonogiri tidak sepenuhnya disetujui.

Dari usulan alokasi di atas Rp 14 miliar, Disporapar Wonogiri hanya menerima saham Rp 5,1 miliar, setelah mendapat kuota Rp 5,1 miliar, Disporapar Wonogiri juga diminta menyesuaikan. rencana utama dan detail konstruksi (DED) untuk menggunakan dana ini untuk membangun wilayah pesisir.

“Kemarin [Senin 17/10/2022] Sore itu batas akhir pengajuan ke pemerintah pusat. Dana Rp 5,1 miliar ada untuk semuanya. Itu sudah jelas. Setelah itu akan ada penyesuaian volume anggaran,” kata Kepala Disporapar Wonogiri, Haryanto, kepada wartawan, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: Revitalisasi Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Segera Dilanjutkan

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menilai rencana penataan kawasan pesisir itu positif, yakni berupa peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Jika suatu destinasi bagus dari segi tampilan dan kualitasnya, otomatis akan menarik orang untuk datang.

“Otomatis, peningkatan perekonomian khususnya di sektor pariwisata akan dirasakan oleh Pemkot dan gerbangMasalahnya adalah peningkatan PAD kita,” tambahnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button