Dibangun di Bengawan Solo, Kamar Mandi Warga Tangen Srag Menghilang - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Dibangun di Bengawan Solo, Kamar Mandi Warga Tangen Srag Menghilang – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Seorang warga melihat kondisi kebunnya serta sebagian kamar mandi dan dapur rumahnya tertimpa longsor pada Jumat (25/11/2022) di Dukuh Gilis, Katelan, Sragen. (Spesial/Sri Wahono)

Solopos.com, SRAGEN — Kamar mandi Supomo, 68, warga Dukuh Gilis RT 007/RW 001, Desa Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen, raib diterjang arus Bengawan Solo, Kamis (24/11/222) malam. Kini ada dua rumah lain juga di bantaran Bengawan Solo yang menghadapi ancaman yang sama.

Sri Wahono, tokoh masyarakat Desa Katelan mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 20.15 WIB. Saat itu, ibu Supomo, Darwati, mendengar suara gemuruh. Melihat ke belakang, ternyata dapur dan kamar mandinya sudah jatuh ke sungai. Selain itu, tanah Pekarangan Supomo juga ikut terbawa longsor.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

“Pekarangan yang jatuh ke sungai itu panjangnya 14 meter dan tinggi 5 meter. Longsor mengancam rumah Supomo, serta rumah Darwati dan Tarno. Usai kejadian, Muspika Tangen datang ke tempat tersebut. BPBD juga sudah memberikan bantuan sembako,” ujarnya.

Sri mengatakan, pemiliknya selamat tinggal di rumah yang berada di sebelah timur Jembatan Ganefo Tangen itu. Dengan runtuhnya dapur dan kamar mandi, Supomo mengalami kerugian harta benda sekitar Rp 10 juta.

Baca Juga: 6 Rumah Rusak dan 7 Pohon tumbang Akibat Angin Kencang di Sragen

Direktur Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen Agus Cahyono mengatakan, longsor kembali terjadi pada Jumat pukul 13.30 WIB. Pemicunya adalah hujan dengan intensitas tinggi dan cukup lama.

Dia membenarkan ada tiga rumah yang terancam longsor karena berada di bantaran Bengawan Solo. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen, R. Suparwoto, bagaimana penanganan bencana tersebut.

“Kepala DPU sudah berkomunikasi dengan Kanwil Bengawan Solo [BBWSBS]. Tahun 2023 ada alokasi anggaran untuk Antisipasi Longsor Tangen. Sebelumnya DPU sudah mengecek ke lokasi dan menyurati BBWSBS,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button