Di tengah konflik dua kubu, Keraton Solo masih diserbu turis saat hari raya Nataru, pedagang meraup untung - WisataHits
Jawa Tengah

Di tengah konflik dua kubu, Keraton Solo masih diserbu turis saat hari raya Nataru, pedagang meraup untung

KOMPAS.com – Konflik yang memporak-porandakan dua kubu di Keraton Solo tak menyurutkan minat masyarakat untuk berkunjung ke destinasi wisata ini.

Seperti pada Senin (26/12/2022), Keraton Solo dibanjiri wisatawan yang ingin menikmati liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Keraton Solo tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pedagang yang memiliki warung di sekitarnya.

Anda bisa melihat pedagang kaki lima (PKL) berjejer di seberang Kori Kamandungan. Mereka menjual berbagai macam jajanan, dari Es Krim Dawet, Telur Gulung, Bakso Miskin, Es Teh, Nasi Rames dan jajanan lainnya.

Baca juga: Polisi yang Bertugas di Keraton Solo Selidiki, Senjata Petugas yang Ditujukan ke Cucu PB XIII Tak Terbukti

Ulum, penjual es krim dawet di Keraton Solo, mengaku senang dagangannya ludes didatangi wisatawan hari ini.

“Saya bersyukur, tamu mulai terlibat, dan dagangan saya juga mulai terlibat dengan pembeli. Saya buka WIB jam 9 pagi, sore sudah selesai,” kata Ulum TribunSolo.com, Senin (26/12/2022).

Dikatakannya, hari raya Nataru membawa berkah bagi Keraton Solo kali ini karena banyaknya pengunjung yang didominasi wisatawan lokal.

Ia mengungkapkan penghasilannya juga meningkat berkali-kali lipat, dari Rp 100.000 menjadi Rp 150.000 menjadi Rp 400.000 per hari.

“Sehari bisa bawa Rp 400.000,” pungkasnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button