Di depan Nataru, kondisi jalan menuju pantai Balekambang rusak parah - WisataHits
Jawa Timur

Di depan Nataru, kondisi jalan menuju pantai Balekambang rusak parah

Kondisi jalan di kawasan Jurang Klampok, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang mengalami kerusakan cukup parah. [cahyono/Bhirawa]

Kabupaten Malang, Bhirawa

Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, pengelola pariwisata di wilayah Kabupaten Malang telah menyiapkan berbagai fasilitas dan hiburan untuk menarik wisatawan ke tempat wisatanya. Sedangkan kesiapsiagaan yang dilakukan pihak pengelola objek wisata tidak didukung oleh kondisi jalan. Terutama tempat wisata pantai di wilayah Malang Selatan. Salah satunya tempat wisata yang mengarah ke Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Karena jalan menuju Pantai Balekambang, Desa Srigonco yang tidak jauh dari Jembatan Pelangi ini biasa disebut Jurang Mayit oleh warga sekitar. Dengan ini, tidak hanya penduduk desa setempat tetapi juga wisatawan akan berwisata ke Pantai Balekambang. Bahkan, jalan ini juga merupakan jalan penghubung tempat wisata pantai di Malang Selatan. Tidak hanya warga sekitar yang merasa risih dengan rusaknya jalan tersebut, tetapi juga wisatawan yang mendatangi tempat-tempat wisata pantai.

Seorang warga Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Mariyono Malang membenarkan kepada Bhirawa, Rabu (14/12) bahwa jalan di wilayah desanya kini dalam kondisi sangat rusak. Sehingga mengganggu aktivitas warga sekitar karena jalan berlubang cukup panjang. Selain itu, jalan rusak tersebut berfungsi sebagai jalan penghubung ke berbagai tempat wisata dan juga menghubungkan jalan akses menuju Jalan Lingkar Selatan (JLS). Sementara itu, rusaknya jalan juga karena sering dilewati truk pengangkut sampah dan tebu.

“Jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tidak segera memperbaiki jalan rusak di kawasan Desa Srigonco, maka akan mengganggu perekonomian masyarakat. Pasalnya, rusaknya jalan tersebut juga sangat mengganggu kenyamanan warga sekitar dan wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Balekambang,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan salah satu wisatawan asal Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang Suherman, usai berwisata ke Pantai Balekambang, mengatakan kondisi jalan di kawasan Jurang Klampok cukup rusak parah, selain itu jalannya menanjak. . Ini dapat menyebabkan kecelakaan yang dapat menyebabkan cedera. Sementara itu, tujuan wisata Balekambang merupakan pantai yang populer bagi wisatawan. Meskipun terdapat beberapa pantai di sekitar Patan, tujuan wisata utamanya adalah Pantai Balekambang.

“Beberapa hari lalu saya jalan-jalan ke Pantai Balekambang bersama keluarga, tapi kenyamanan perjalanan terganggu dengan kondisi jalan yang rusak parah di kawasan Ngarai Klampok tepat di jalan menanjak,” ujarnya.

Padahal, lanjut Suherman, Jembatan Pelangi dibangun dengan cukup baik, namun tidak diimbangi dengan jalan yang mulus. Bahkan, tak sedikit kendaraan bermotor yang terjebak kemacetan karena harus memperlambat lajunya untuk menyeberang jalan. Belum lagi nanti di libur Natal dan Tahun Baru 2023 kondisi jalan tetap tidak berubah[ seperti itu, maka akan terjadi kemacetan yang cukup panjang ketika memasuki Desa Srigonco yang menuju Pantai Balekambang.

“Saya sebagai warga Kabupaten Malang berharap kepada Pemkab Malang segera memperbaiki jalan rusak yang menuju wisata pantai di wilayah Malang Selatan. Karena wisata pantai di Kabupaten Malang sangat digemari para wisatawan,” tandasnya. [cyn.bb]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button