Di awal tahun, kota lama Semarang masih digenangi banjir - WisataHits
Jawa Barat

Di awal tahun, kota lama Semarang masih digenangi banjir

Di awal tahun, kota lama Semarang masih digenangi banjir

Bogordaily.net – Kota Semarang, Jawa Tengah dilanda banjir di penghujung tahun 2022. Hingga Senin, 2 Januari 2022, sejumlah kawasan mulai dari kota lama hingga Stasiun Tawang Semarang masih terendam banjir.

Peristiwa banjir tersebut terjadi pada Sabtu, 31 Desember 2022. Banjir menggenangi sejumlah kawasan termasuk objek wisata Kota Tua Semarang.

Banjir juga terjadi di sekitar Gereja Blenduk dan sekitar Pabrik Rokok Praoe Lajar di Jalan Imam Bonjol. Beberapa sepeda motor mogok di Jalan Imam Bonjol karena ugal-ugalan di tengah banjir.

Kondisi ini mengganggu aktivitas masyarakat. Kali ini juga, banjir menggenangi kawasan vital di Kota Semarang.

Jalan yang terendam banjir ini panjangnya sekitar 300 meter, dari Metro Park hingga ujung Jalan Imam Bonjol menuju Kota Tua.

Pemerintah Kota Semarang telah mendirikan posko bencana di Balaikota dan seluruh kecamatan di Semarang.

Selain itu, menurut laporan dari berbagai sumber, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sedang menyiapkan skema teknologi modifikasi cuaca (TMC) dengan menebar garam di sejumlah daerah di Jawa Tengah.

“Saat ini digunakan sebagai inti kondensasi dengan menaburkan garam untuk mempercepat terjadinya hujan di laut. Melindungi lahan tertentu agar tidak kebanjiran,” kata Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Guswanto kemudian menjelaskan bahwa TMC merupakan upaya penyemaian awan hujan dengan cara menaburkannya dengan garam. Menurutnya, ini merupakan cara yang efektif untuk mengurangi atau meningkatkan intensitas curah hujan di suatu daerah.

“Dengan kata lain, dapat diartikan sebagai metode mengkonstruksi atau mengubah kondisi cuaca dengan tujuan menurunkan intensitas curah hujan atau meningkatkan curah hujan di suatu wilayah,” kata Guswanto.

Menurut Badan Pusat Penanggulangan Bencana (BNPB), ada 30 lokasi banjir di Semarang saja, dengan ketinggian air bervariasi antara 20 hingga 70 sentimeter.

Editor: Rialdi

Tonton video lainnya dan kunjungi YouTube BogordailyTV

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button