Di awal momen Nataru, pengawasan Prokes masih dilakukan di Kabupaten Malang - WisataHits
Jawa Timur

Di awal momen Nataru, pengawasan Prokes masih dilakukan di Kabupaten Malang

WAKTU JATIM – Persiapan pengamanan Momen Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di Kabupaten Malang sudah dimulai. Kepastian ini dilakukan mengingat momen Nataru kali ini merupakan yang pertama setelah penangguhan diberlakukan menyusul keterpurukan Covid-19.

Namun mengingat status penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pemantauan protokol kesehatan (Prokes) tetap diberlakukan. Meski status PPKM saat ini hanya Tier 1.

Dalam hal ini pun, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Malang tetap menjalankan peran pengawasan. Meski penerapannya tidak seketat saat puncak kasus Covid-19. Salah satunya dilakukan di tempat-tempat wisata.

“Pada prinsipnya, karena kita masih dalam masa PPKM, kita akan terus melakukan pemantauan. Termasuk Satgas Covid-19 Kabupaten Malang,” jelas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang itu.

Namun dalam hal ini, Firmando mengatakan mereka yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Kabupaten Malang akan mengutamakan upaya preventif. Yaitu melalui himbauan kepada masyarakat agar minimal dapat melaksanakan Prokes.

“Jadi pada dasarnya kita masih menghimbau dan mensosialisasikan terkait program-program kesehatan. Baik kepada masyarakat maupun kepada pengelola wisata. Sesuai dengan instruksi Kemendagri,” kata Firmando.

Pada implementasi selanjutnya, pemantauan program kesehatan hanya dilakukan dengan kegiatan pemantauan. Hal itu mengingat kondisi Covid-19 saat ini semakin memburuk. Tentu saja, pihaknya tidak mengharapkan peningkatan kasus Covid 19 yang baru.

“Jadi di alam kami hanya akan memantau karena tidak seketat tahun lalu. Kami akan melakukan upaya preventif,” tambah Firmando.

Khusus terkait pengawasan Covid-19, Satpol PP membentuk 2 tim. Yang akan ditempatkan di Malang Utara dan Malang Selatan. Dan masing-masing tim terdiri dari 5 orang pegawai Satpol PP.

Namun secara umum pihaknya juga akan terlibat mengamankan Natarus. Mereka yang akan bersiaga di beberapa pospam dan pos pelayanan (posyan). Beberapa di antaranya berada di Pos Kepuharjo Karangploso, Jalan Lingkar Barat (Jalibar) Pos Simpang 3 Kepanjen, Simpang 4 Karangkates Sumberpucung, Pos Simpang 4 Jalur Selatan (JLS) Bantur dan Pos Lalu Lintas Karanglo Singosari.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button