Di awal liburan sekolah, keluarga di Tegal ini mengajak anaknya bermain di sawah dan mengenalkan alat pertanian tradisional - Panturapost.com - WisataHits
Jawa Tengah

Di awal liburan sekolah, keluarga di Tegal ini mengajak anaknya bermain di sawah dan mengenalkan alat pertanian tradisional – Panturapost.com

TEGAL – Saat liburan sekolah, kebanyakan keluarga membawa anaknya berlibur ke tempat wisata. Namun, keluarga di Tegal ini mengisi awal liburan sekolah dengan bermain di ladang.

Dewi asal Desa Harjawinangun, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mengajak anak-anaknya ke sawah dekat rumahnya. Diantaranya putra, Habibi (8) kelas 3 SD, Ahmada (5) masih RA. Sedangkan putri Shofwa (11) duduk di kelas 5 SD dan Rahma (10) duduk di kelas 4 SD.

“Pada hari pertama liburan sekolah saya mengajak anak-anak ke ladang. Kebetulan, sawahnya dibajak dengan alat tradisional. Bajak kayu itu ditarik oleh dua ekor lembu. Sekaligus, anak-anak dikenalkan dengan alat-alat tradisional yang digunakan para petani pada zaman dahulu,” kata Dewi kepada PanturaPost, Minggu (18/12/2022).

Dengan mengajak anak ke sawah dan mengajarkan anak untuk berbaik sangka pada alam. Karena kebanyakan orang melupakan alam yang memberi kehidupan. Yang kedua memperkenalkan kearifan lokal yang hampir sulit ditemukan saat ini.

“Saat ini alat-alat pertanian tradisional hampir punah. Traktor yang paling banyak digunakan. Ada juga 2 di desa kami yang menggunakan bajak sawah dengan weluku dan garu. Anak-anak juga bermain weluku yang ditarik sapi dan berlari melintasi ladang,” jelasnya.

Bahkan, kegiatan mengajak anak bermain di sawah kerap dilakukan saat akhir pekan liburan sekolah. Ngomong-ngomong, akhir tahun ini anak-anak pergi liburan sekolah.

“Awal liburan sekolah, kami pertama kali membawanya ke ladang. Ada juga program liburan untuk wisata lainnya. Jadi liburan dengan alam ya, liburan di wisata juga. Itulah yang membuatnya menyenangkan bagi anak-anak.”

Dewi berencana kegiatan belajar mengenal alam atau bermain di sawah akan tetap diadakan saat anak-anak libur sekolah atau di akhir pekan.

“Liburan murah, kamu hanya perlu membawa bekal dari rumah dan makan bersama di ladang.”

Penerbit : Muhammad Abduh

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button