Di Acara Srawungan Keluarga Mangkunegaran, Airlangga Sebut Solo Punya Mesin Ganda |Balipuspanews.com - WisataHits
Yogyakarta

Di Acara Srawungan Keluarga Mangkunegaran, Airlangga Sebut Solo Punya Mesin Ganda |Balipuspanews.com

SOLO, balipuspanews.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan daerah Surakarta memiliki “mesin kembar” untuk memajukan budaya. Hal ini terkait dengan keberadaan Kasunanan dan Mangkunegaran.

Hal itu diungkapkan Airlangga saat menghadiri acara srawungan mangkunegaran di Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022).

“Kalau dibandingkan dengan pesawat terbang, Solo itu seperti pesawat bermesin ganda, Mangkunegaran, Cassunan. Ceritanya sebelum ada sejarah Indonesia. Ceritanya ada,” kata Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar itu.

Menurut Airlangga, dua pusat kebudayaan Jawa itu harus dilestarikan bahkan dipromosikan. Untuk itu, Airlangga meminta Wali Kota Surakarta Gibran Raka yang juga hadir untuk terus bekerja aktif melestarikan kedua pusat budaya tersebut.

“Bahkan Pak Wali, Kasunanan, tidak mudah. Tetapi jika Anda membersihkannya, itu bahkan lebih baik. Solo dengan dua pusat budaya,” katanya.

Airlangga menjelaskan, baik pemerintah pusat maupun daerah telah melakukan upaya besar untuk memajukan pelestarian budaya di Solo. Ia mencontohkan, pada masa kepresidenan G20 sejumlah pokja diperintahkan untuk melakukan kegiatan di Surakarta.

“Kami mendorong kepresidenan G20, kami memiliki banyak acara, salah satu acara yang akan diadakan di kota Solo adalah kelompok kerja industri perdagangan dan investasi,” kata Airlangga dalam keterangannya.

Karena itu, lanjut Airlangga, beberapa tempat wisata perlu diperbaiki, termasuk Keraton Mangkunegaran sebagai pajangan budaya.

Ras Mangkunegaran

Pada acara di Srawungan Sanak Mangkunegaran, Pengageng Kawedanan Satriyo Mangkunegaran KRMT Lilik Piarso Tirtodiningrat memberikan penghormatan kepada semua pihak yang berkepentingan dengan budaya, khususnya terkait Keraton Mangkunegaran.

Ia juga berharap agar seluruh anak bangsa selalu melestarikan budayanya dan tidak melupakan asal-usulnya. Lilik juga mengapresiasi Airlangga yang turut berperan aktif dalam pelestarian budaya dengan menghadiri upacara adat Apeman Yaqowiyyu di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah.

“Saya sangat bangga (Airlangga) dengan budaya Uri-Uri, dia pergi ke Yatinom. Karena itu trah Ki Ageng Gribig,” kata Lilik.

Sementara itu, antropolog dr. Latif Bustami mengungkapkan, Airlangga yang memiliki ras Mangkunegaran VI tentu memiliki tugas untuk lebih memajukan kebudayaan.

Dikatakannya, Mangkunegaran berperan penting dalam melestarikan budaya Jawa yang merupakan dinasti Mataram Islam bersama Kasunanan Surakarta, Keraton Yogyakarta dan Candi Pakualaman.

“Di era peradaban yang semakin maju, ras ini tidak hanya berperan penting dalam menegakkan, melestarikan dan memajukan adat dan budaya bangsa, tetapi juga harus mampu membawanya menjadi semangat karakter jati diri bangsa.” kata Airlangga.

Pengarang : Hardianto

Penerbit : Oka Suryawan

– Iklan –

Source: www.balipuspanews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button