Destinasi Wisata Tahun Baru Imlek Kelenteng Sam Poo Kong Semarang: Harga dan Fasilitas - WisataHits
Jawa Tengah

Destinasi Wisata Tahun Baru Imlek Kelenteng Sam Poo Kong Semarang: Harga dan Fasilitas

Destinasi Wisata Tahun Baru Imlek Kelenteng Sam Poo Kong Semarang: Harga dan Fasilitas

semarang

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu cara merayakan liburan Imlek di Semarang. Kelenteng Sam Poo Kong pun telah bersiap menyambut wisatawan dengan segala kemeriahannya.

Kelenteng Sampoo Kong sendiri merupakan salah satu kelenteng tertua dan bersejarah di Semarang. Pagoda ini identik dengan Laksamana Cheng Ho atau Zheng He.

Sejarah Kelenteng Sam Poo Kong

Sejarah berdirinya Klenteng Sam Poo Kong dimulai pada tahun 1416 ketika Laksamana Cheng Ho berlayar mengarungi Laut Jawa dengan seorang awak kapal, Wang Jing Hong, yang tiba-tiba sakit parah.

Saat itu, Cheng Ho memerintahkan anak buahnya untuk berhenti. Kawasan klenteng yang terletak di Jalan Simongan, Semarang Barat ini konon berada di tepi laut.

Namun pagoda yang berdiri saat ini merupakan hasil pembangunan tahun 2002 dan selesai tahun 2005. Di dalamnya terdapat beberapa tempat yang memiliki makna dan sejarah.

1. Tempat Ibadah Klenteng Agung
2. Tempat Pemujaan Dewa Bumi
3. Pura makam juru mudi Kyai Juru
4. Tempat Ibadah Jangkar Mbah Kyai
5. pohon rantai
6. Gambar relief

Biaya masuk ke Kuil Sam Poo Kong

Harga tiketnya juga cukup murah yaitu Rp 15.000. Selain situs sejarah, wisata Sam Poo Kong juga menawarkan berbagai wahana seperti sepeda listrik, foto kostum, dan area kuliner.

Festival Tahun Baru Cina

Perayaan Imlek di Kelenteng Sam Poo Kong akan semarak

“Tahun ini Tahun Baru Imlek Sam Poo Kong dimulai dari Sabtu, Minggu, dan Senin (21/1/2023) .

Acara akan dibuka dengan fashion show bertema Ratu & Raja Batik Tahun Imlek 2023 untuk memperebutkan Piala Wali Kota Semarang. Kemudian hari kedua adalah acara puncak yang dimeriahkan oleh artis lokal yaitu YLB dan Bianca Shakila yang akan tampil. Hari terakhir akan dimeriahkan oleh artis nasional Lala Widy.

“Banyak acara hiburan juga akan ditampilkan, antara lain Tonggak Barongsai, Reog, Jathilan, Rampak Buto, Tari 1.000 Tangan, festival kuliner, live music dan lain sebagainya. Kami yakin konsep event tahun ini akan sangat meriah,” jelasnya.

Harga tiket Imlek di Sam Poo Kong

Untuk menikmati acara tersebut, pengunjung dikenakan biaya Rp 35.000 untuk dewasa dan Rp 30.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara bisa mendapatkan harga Rp 50.000.

“Manajemen menargetkan kehadiran pada perayaan Imlek tahun ini mencapai 10.000 orang,” ujarnya.

Simak video “Suasana Pra Imlek di Kawasan Glodok”.
[Gambas:Video 20detik]
(afn/sip)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button