Destinasi wisata air terjun terfavorit Coban Talun di Batu Malang - WisataHits
wisatahits

Destinasi wisata air terjun terfavorit Coban Talun di Batu Malang

Coban Talun termasuk salah satu tempat rekreasi favorit Batu Malang yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri. Air terjun yang dikelilingi bebatuan di tengah hutan menarik untuk dijelajahi.

Harga tiket: Rp12.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Coban Talun, RT.3/RW.15, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Coban Talun merupakan salah satu objek wisata air terjun yang patut dikunjungi di Jawa Timur. Coban artinya air terjun. Lokasinya yang berada di lereng barat Gunung Arjuno, air terjun ini akan menyuguhkan panorama alam yang dapat menarik wisatawan yang datang

Dalam perjalanan menuju objek wisata Coban Talun, wisatawan akan melihat keindahan pohon pinus dan berbagai tanaman hias yang indah. Selain itu, wisatawan akan disambut oleh suara-suara alam hewan di kawasan wisata ini. Setiap wisatawan akan terkesima saat menyaksikan pesona air terjun ini.

Selain panorama alam, objek wisata ini memiliki fasilitas wisata buatan yang disediakan pengelola agar wisatawan tidak bosan. Tempat wisata ini telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat membuat wisatawan merasa nyaman dan menjadikan tempat ini sebagai tempat yang tepat untuk berlibur.

Tempat Wisata Coban Talun

Atraksi Coban TalunKredit Gambar: Facebook Coban Talun

Sirkuit air ini berada di ketinggian 950 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini letaknya strategis dan berada di hulu Sungai Brantas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan disekelilingnya terdapat tebing dan di bagian bawahnya terdapat batu-batu besar. Debit air terjun ini adalah 1000 liter per detik.

Berada di perbukitan memberikan suasana alam yang sejuk. Ada kabut uap air dalam jangkauan yang cukup luas membuat wisatawan merasa takjub.

1. Aksi spesial

Objek wisata air terjun ini memiliki wilayah yang cukup luas, arusnya deras dan merupakan hulu sungai. Deburan air yang mengalir naik turun memesona dan suara gemericik air yang memberikan suasana damai melengkapi daya tarik wisata ini. Panorama hijau yang menghiasinya menambah kekhasan kawasan wisata ini.

2. Panorama alam yang indah di sekitar air terjun

Selain bisa menikmati keindahan air terjunnya, panorama alamnya yang luar biasa indah patut untuk disyukuri. Karena letaknya yang berada di kawasan hutan lindung, pemandangan hijau yang menghiasi objek wisata ini sangat bervariasi dan menawan. Pepohonan yang hijau dan asri yang mengelilingi kawasan wisata ini akan menyambut para wisatawan yang datang.

3. Taman Bunga Coban Talun

Di kawasan objek wisata ini terdapat beberapa objek wisata buatan yang menarik. Salah satu kawasan wisata yang bisa ditemukan adalah Taman Bunga. Bagi pengunjung yang menyukai keindahan bunga, tempat ini wajib dikunjungi. Ada berbagai jenis koleksi bunga yang bervariasi. Taman bunga ini sangat indah jika dijadikan sebagai background untuk pengambilan foto atau video.

4. kamp Apache

Apache adalah objek wisata buatan lain yang ditemukan di area air terjun. Kamp ini merupakan wahana yang menampilkan isyarat budaya dari suku Apache India.

Di wahana ini ada rumah India lengkap dengan pernak-pernik dan ada kantin. Jika berkunjung ke tempat ini, wisatawan diajak untuk merasakan sensasi liburan seru di India.

5. Kamp Pagupon

Setelah menikmati panorama air terjun dan bermain-main di kawasan wisata buatan, wisatawan akan menemukan berbagai hostel dengan desain yang unik. Asrama memiliki bentuk bangunan seperti replika sangkar burung merpati.

Penginapan itu bernama Pagupon. Istilah Pagupon berasal dari bahasa Jawa yang berarti sangkar burung. Wisatawan dapat menyewa hostel. Bentuknya yang unik akan sangat bagus sebagai objek foto atau sebagai background foto.

6. Segitiga Omah

Segitiga Omah adalah hostel yang bisa dicoba wisatawan saat datang ke sini. Memiliki kapasitas 5 orang sangat cocok bagi yang datang dengan rombongan.

7. Warung Oyot

Warung Oyot bukanlah warung makan dan minum biasa. Selain menyantap makanan, warung unik ini dihiasi akar pohon yang bisa dijadikan spot berfoto para wisatawan. Di area toko ini juga terdapat water dam yang membuatnya lebih menarik dan berbeda.

Alamat dan rute menuju lokasi Coban Talun

Alamat Coban TalunKredit gambar: Google Maps Ichal Pranata

Objek wisata Coban Talun terletak di Dusun Wonorejo, Kabupaten Batu, Jawa Timur. Wisata air terjun ini buka setiap hari dan mulai beroperasi dari pukul 07:00-17:00 WIB.

Harus diingat ketika berkunjung di musim hujan harus berhati-hati karena saat hujan udara sekitar menjadi lembab dan bebatuan di sekitar air terjun menjadi licin. Akses menuju tempat wisata ini mudah, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dari pusat Kota Batu menuju Coban Talun hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Jika wisatawan berangkat dari kota Malang, jalan yang ditempuh melalui Jalan Selecta-Cangar. Jika memulai dari kota Surabaya, rute yang ditempuh wisatawan adalah melalui Mojokerto melalui jalan Cangar-Trawas.

Jika wisatawan menggunakan angkutan umum, rute yang harus dilalui, mulai dari stasiun Malang hingga terminal Arjosari. Selain itu, dari Terminal Arjosari, wisatawan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju Terminal Landungsari. Kemudian naik angkot merah muda untuk menuju Terminal Kota Batu.

Setelah itu, naik angkutan umum berwarna oranye menuju lokasi objek wisata ini. Sesampainya di sana, wisatawan bisa turun di depan pintu depan. kunjungan ke air terjun.

Harga Tiket Masuk Coban Talun Malang

Harga tiket Coban TalunKredit gambar: Google Maps Hartono Tono

Untuk bisa masuk dan menikmati kawasan air terjun, wisatawan perlu membayar tiket masuk. Biaya masuk ke kawasan wisata ini cukup terjangkau yaitu Rp 12.000. Ada beberapa spot menarik lainnya di dekat air terjun.

Tarif untuk mengunjungi air terjun ini adalah Rp 15.000. Tarif untuk perjalanan ke hutan pinus adalah Rp 5.000. Adapun perjalanan ke Apache Kamppagupon KampSegitiga Omah, Taman Bunga dan Warung Oyot dikenakan biaya Rp 10.000.

Selain itu, ada biaya untuk penyimpanan kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan. Biaya penyimpanan untuk sepeda motor adalah Rp 5.000 dan untuk mobil Rp 10.000. Dan untuk ojek seharga Rp 15.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Coban Talun

Hal yang Dapat Dilakukan di Coban TalunKredit gambar: Google Maps Fajar Hadi Santosa

1. Berenang dan mandi

Berenang adalah hal utama yang harus dilakukan saat jalan-jalan di Coban Talun. Di kawasan wisata ini, wisatawan dapat menikmati kegiatan yang berhubungan dengan air seperti membersihkan dan menyegarkan diri dengan mencuci muka, mandi, mandi dan berenang.

Jika arusnya tidak begitu besar, wisatawan bisa merilekskan tubuh dengan pijatan air terjun yang turun dari atas ke bawah.

2. Permainan air

Selain berenang dan mandi, wisatawan dapat melakukan permainan air sederhana dan kegiatan rekreasi di sekitar objek wisata air terjun ini. Wisatawan tidak akan bosan di tempat ini.

3. Fotografi dan videografi

Objek wisata ini bisa menjadi penunjang bagi wisatawan yang suka berfoto atau merekam video. Saat itu, berfoto adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat mengunjungi suatu tempat.

Pemandangan Coban Talun akan sangat menarik jika dijadikan sebagai background untuk berfoto. Wisatawan bisa berfoto sendiri, bersama teman, bersama pasangan atau bersama keluarga di objek wisata ini. Foto atau video yang dihasilkan dapat disimpan sebagai koleksi pribadi atau dibagikan di halaman media sosial.

4. Bersantai dan bersantai

Suasana alam dan damai yang ditawarkan di sekitar air terjun ini sangat cocok sebagai tempat istirahat dan relaksasi bagi para wisatawan yang datang. Selain itu, objek wisata ini cukup luas. Wisatawan bisa bersantai sambil memulihkan diri di kawasan wisata ini.

5. Mengunjungi Taman Bunga Coban Talun

Di kawasan wisata ini terdapat taman bunga yang bagus. Taman bunga ini memiliki koleksi berbagai jenis bunga. Wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan dan keharuman bunga tersebut. Dipenuhi dengan bunga-bunga indah, ujungnya akan betah berada di kawasan wisata ini. Ada banyak tempat bagus untuk berfoto di sini.

6. Kunjungi Kamp Apache

Ada Apache Kamp yang merupakan tempat wisata yang terinspirasi dari suku Apache di India. Wisatawan bisa merasakan sensasi berada di India. Wisatawan bisa berpakaian seperti suku Indian. Jika Anda berfoto di sini, hasilnya akan memberikan kesan yang unik. Atraksi ini cocok untuk semua kelompok umur.

7. Kunjungi Kamp Pagupon

Penginapan dengan bentuk bangunan unik menyerupai sangkar burung merpati akan sangat menarik bagi wisatawan. Wisatawan dapat menginap di tempat ini dan merasakan sensasi menyatu dengan alam sekitar.

Karena bangunannya yang unik dan alam sekitarnya yang mempesona, banyak wisatawan yang memilih mengunjungi tempat ini untuk berfoto daripada bermalam. Akomodasi ini menawarkan fasilitas termasuk satu kamar mandi dan satu kamar tidur. Di sekitar area asrama terdapat tempat ibadah berupa mushola, rumah pohon, kantin dan taman bunga.

8. Kunjungi Rumah Segitiga

Selain Pagupon Kamp dan apache Kamp ada lagi asrama yaitu Segitiga Omah. Segitiga Omah sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menginap bersama rombongan saat berkunjung ke Coban Talun.

9. Makan dan minum di Warung Oyot

Setelah melakukan aktivitas di air terjun ini, wisatawan bisa mengisi perut di warung ini. Wisatawan bisa berburu kuliner sambil menikmati keindahan alam kawasan wisata yang pasti akan memanjakan akhir pekan Anda.

Fasilitas yang tersedia di Coban Talun Malang

Fasilitas Coban Talun FasilitasKredit gambar: Google Maps Fajar Hadi Santosa

Tempat wisata ini dikelola oleh Perhutani Kawasan Batu, Malang dengan dibantu oleh pihak swasta. Bisa dikatakan fasilitas yang tersedia di objek wisata Coban Talun ini cukup lengkap. Di kawasan ini terdapat pewarna buatan mulai dari taman bunga hingga Warung Oyot.

Agak jauh dari lokasi tempat wisata ini ada pelayanan arung jeram atau arung jeram. Ada sepeda motor yang tersedia di kawasan objek wisata ini Melacak jenis ATV atau kendaraan roda empat yang dapat dicoba wisatawan untuk berkeliling sambil menikmati suasana alam sekitar. Harganya cukup terjangkau.

Fasilitas penunjang lain yang tersedia di objek wisata ini antara lain tempat ibadah berupa mushola, aula serba guna, tempat penyimpanan kendaraan besar, kantin dan akomodasi. Tersedianya fasilitas yang lengkap dapat membuat wisatawan merasa nyaman, aman dan puas selama berada di lokasi objek wisata ini.

Berikut beberapa informasi menarik tentang tempat wisata, fasilitas, alamat dan rute perjalanan menuju tempat wisata Coban Talun. Jika Anda berada di Batu, Jawa Timur, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang menawan ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button