Destinasi Liburan Akhir Tahun: Menikmati Alam di Cianjur, Tak Jauh dari Jakarta! - WisataHits
Jawa Barat

Destinasi Liburan Akhir Tahun: Menikmati Alam di Cianjur, Tak Jauh dari Jakarta!

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Liburan akhir tahun memang masih cukup panjang, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan destinasi wisata mulai dari sekarang, seperti mengunjungi tempat wisata alam terbuka.

Bagi warga Jakarta yang setiap hari melihat gedung pencakar langit dan lalu lalang kendaraan, mengunjungi tempat wisata outdoor bisa menjadi pilihan yang baik.

Cianjur merupakan daerah yang sangat dekat dengan Jakarta dan memiliki banyak tempat wisata alam terbuka untuk dikunjungi saat liburan akhir tahun.

Sekitar 3 jam perjalanan dari Jakarta dengan kendaraan pribadi, Cianjur merupakan kawasan yang relatif dekat.

Meskipun Cianjur agak jauh dari Bogor dari segi jarak, namun bisa dibilang tidak kalah dengan pariwisata, termasuk tempat-tempat yang mengusung tema outdoor.

Baca Juga: Link Nonton Tenis Raffi Ahmad Vs Desta Tiba-tiba Gratis! Dari kapan?

Banyaknya kawasan di Cianjur yang masih asri dan terjaga menjadikan tempat wisata yang mengusung tema alam terpencar, dan inilah salah satu kelebihan Cianjur.

Dengan lokasi yang berada di antara banyak perbukitan dan hutan, Cianjur berpotensi untuk lebih meningkatkan daya tarik alamnya. Jadi apa saja tempat yang harus dikunjungi?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa destinasi wisata di Cianjur yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau rekan kerja saat liburan akhir tahun:

1. Jalur Kanopi TNGGP

Seperti diberitakan Cibodas.id, tempat yang cocok untuk dikunjungi adalah Canopy Trail yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Meskipun fungsinya melayani kebutuhan pengamatan alam untuk memudahkan pengamatan, popularitasnya semakin meningkat seiring dengan meningkatnya unggahan melalui tempat ini.

Dengan panjang 130 meter dan ketinggian 40 meter di atas permukaan tanah, Canopy Trail Cibodas mampu menahan beban 5 orang atau 350 kilo. Tempat ini terbuka untuk umum dan Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp40.000 saja.

2. Taman Sakura Kebun Raya Ciboda

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati suasana tempat yang dikelilingi bunga sakura, karena di Cianjur ada tempat yang menawarkannya yaitu di kawasan Kebun Raya Cibodas.

Pohon sakura ini masih berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan ditanam sejak tahun 1971 untuk melengkapi taman bertema di Kebun Raya Cibodas.

Keunggulan kebun sakura di Cibodas adalah bunganya mekar dua kali dalam setahun, tidak seperti di negara asalnya yang hanya mekar setahun sekali karena perbedaan iklim dan kontur tanah.

Tiket pengunjung berkisar antara Rp15.000 hingga Rp25.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat tambah Rp35.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan roda dua.

Baca Juga: Ivan Gunawan Ajak Ayu Ting Ting Hidup Bareng Tanpa Status: Seperti Bule

3. Taman Bunga Nusantara

Jalan-jalan dengan aneka bunga bisa menjadi solusi seru bagi wisatawan.

Taman Bunga Nusantara adalah tempat di mana berbagai bunga ditanam untuk dinikmati sambil menghirup udara segar yang kaya oksigen karena dikelilingi oleh banyak pepohonan.

Tiket masuk ke taman ini tidak jauh dari Kebun Raya Cibodas dengan biaya sekitar Rp 50.000. Taman Bunga Nusantara mengusung tema agrowisata yang menjadi pionir wisata serupa di Bandung dan Malang.

4. Kompleks Megalitikum Gunung Padang

Bagaimana jika Indonesia ternyata memiliki piramida yang lebih tua dari piramida di Mesir?

Hasil uji karbon menunjukkan bahwa situs tersebut berusia sekitar 9.000 hingga 20.000 tahun. Penduduk setempat awalnya mengira itu hanya candi biasa yang berdiri di atas bukit setinggi sekitar 100 meter, sampai penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa itu adalah sebuah piramida.

Dari informasi yang dihimpun, ternyata biaya tiket masuk ke lokasi sekitar Rp 5.000 untuk pos dan Rp 5.000 saat masuk ke lokasi.

Situs Gunung Padang disertifikasi sebagai situs cagar budaya pada tahun 2018 dan berganti nama menjadi Cagar Budaya Nasional Gunung Padang.

Itulah tadi beberapa tempat di Cianjur yang bisa Anda kunjungi saat liburan akhir tahun. Berwisata di alam dapat menenangkan perasaan dan pikiran karena suasana yang dihadirkan masih alami.

Sebagai? Tertarik mengunjungi beberapa tempat di atas? (Fajri Ramdhan Nur Awal)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button