Desa wisata paling hits di Semarang, liburan lebih seru - WisataHits
Jawa Tengah

Desa wisata paling hits di Semarang, liburan lebih seru

Mendengar tentang Kota Semarang, Lawang Sewu dan Kota Tua mungkin pertama kali terlintas di benak kita. Meskipun Semarang terkenal dengan wisata sejarah dan kota tuanya, Semarang juga memiliki berbagai destinasi wisata baru yang menarik untuk ditawarkan.

Salah satu hal yang harus Anda masukkan dalam daftar kunjungan Anda selama liburan di Semarang adalah desa wisata. Ada banyak desa wisata di Semarang yang menawarkan berbagai atraksi yang memukau.

Selain keindahan alamnya, budayanya juga akan membuat Anda takjub. Berikut adalah enam desa liburan paling populer: memenuhi di Semarang yang wajib masuk dalam bucket list liburan kamu.

1. Desa Wisata Jatirejo

6 desa wisata unggulan di Semarang bikin liburan makin seru dan tak terlupakanRiver Tubing di Desa Wisata Jatirejo (instagram.com/topongelirivertubing)

Desa Jatirejo di Kecamatan Gunung Pati masuk dalam daftar penghasil kolang kaling terbesar di Semarang. Mengunjungi desa ini akan memungkinkan Anda untuk melihat dan mempelajari proses pembuatan Kolang-Kaling secara langsung. Kolang-Kaling dibuat secara tradisional lho.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati paket wisata menarik yang mencakup aktivitas seru seperti warga desa setempat. Di bawahnya mereka membuat berbagai keripik dan kerbau. Misalnya ada juga paket wisata yang memacu adrenalin tabung aliran dan petualangan jejak.

Buat kamu yang ingin menikmati suasana pedesaan lebih lama, cobalah menginap di keluarga angkat. Anda juga bisa mengenal adat istiadat masyarakat desa Jatirejo.

2. Desa Wisata Wonolopo

6 desa wisata unggulan di Semarang bikin liburan makin seru dan tak terlupakanSimbol pembuatan jamu tradisional di Desa Wonolopo (instagram.com/dewi.wonolopo)

Desa Wonolopo di Kecamatan Mijen Kota Semarang berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota. Anda dapat menikmati keindahan alam, termasuk udara sejuk khas perbukitan, dan mengikuti aktivitas sehari-hari masyarakat setempat.

Meski mayoritas penduduk desa adalah petani, namun kegiatan seru yang bisa kamu lakukan bukan hanya tentang bertani. Anda dapat menikmati paket wisata edukasi, konservasi, dan lainnya pengalaman langsung.

Satu hal yang berbeda dari desa wisata lainnya adalah Anda dapat mengikuti kegiatan seperti santri pondok pesantren Qosim Al Hadi. Tidak hanya membaca Alquran, tetapi juga belajar memasak di dapur umum pondok.

Jika Anda tertarik dengan produk penduduk desa, Anda bisa langsung berpartisipasi dalam produksi jamu dan pengolahan lidah buaya. Kegiatan lain yang tak kalah seru adalah wahana gogreen, mengunjungi Embung Wonolopo dan jika beruntung bisa melihat Pertunjukan Kuda Lumping atau tradisi warga desa.

3. Desa Wisata Jamalsari

6 desa wisata unggulan di Semarang bikin liburan makin seru dan tak terlupakanBukit Cinta di Desa Jamalsari (instagram.com/nabila_kipz)

Desa Jamalsari menghadap Waduk Jatibarang dari arah barat. Anda bisa menikmatinya dari Bukit Cinta, Pekerjaan yang sengaja dibuat untuk menikmati pemandangan Waduk Jatibarang.

Selain itu, hamparan perbukitan hijau sejuk seluas enam hektar menjadi hal lain yang patut dijelajahi. Bagi anda yang hobi memancing, anda bisa menggunakan jembatan bambu atau sampan untuk mencari Pekerjaan Terbaik. Jangan lupa juga untuk mengunjungi studio tie-dye yang membuat keripik dari kulit singkong.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaik di Ngawi, Ada Wisata Alam untuk Sejarah

4. Desa Wisata Lerep

6 desa wisata unggulan di Semarang bikin liburan makin seru dan tak terlupakanBudidaya Padi di Desa Lerep (instagram.com/desawisatalerep | instagram.com/ahsan_ungaran)

Desa Lerep, Kecamatan Hungaria, merupakan salah satu desa wisata unggulan di Kabupaten Semarang. Desa ini menawarkan wisata edukasi, wisata alam, wisata budaya. Seperti di desa wisata pada umumnya juga bisa bermalam keluarga angkat dikelola oleh masyarakat sekitar.

Kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan termasuk membuat kopi tradisional, susu, dan pertanian padi. Bagi Anda yang menyukai kuliner, Anda dapat mencicipi beberapa hidangan tradisional lokal seperti Lodek, Kopi Ceplus, dan Bubur Suweg.

Jika ingin menjelajahi Desa Lerep, Anda bisa mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang ada. Seperti Embung Sebligo, Kolam Renang Bukit Lerep Indah dan Curug Indrokilo. Jika beruntung, Anda bisa mengikuti tradisi Iriban, acara rutin masyarakat setempat sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan.

5. Desa Wisata Kandri

6 desa wisata unggulan di Semarang bikin liburan makin seru dan tak terlupakanDesa Wisata Kandri (instagram.com/cahgoukiel)

Desa Kandri merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Gunung Pati. Anda dapat berkendara sekitar 30-45 menit dari pusat kota. Di sini Anda akan disuguhi dengan udara sejuk khas pegunungan karena dekat dengan Gunung Ungaran.

Gua Kreo dan Waduk Jatibarang adalah tempat wisata unggulan di Desa Kandri yang harus Anda kunjungi. Hal menarik lainnya adalah tradisi dan budaya tradisional masyarakat setempat masih dilestarikan.

Karena sebagian besar penduduknya adalah petani, Anda bisa melihat luasnya persawahan dan sistem budidayanya. Anda juga bisa belajar membuat tie-dye, menyulam, dan bahkan memelihara belut. Kegiatan lain yang tak kalah seru adalah memetik jambu, menangkap ikan dan belajar memerah susu sapi perah.

6. Kampoeng Batik Gedong

6 desa wisata unggulan di Semarang bikin liburan makin seru dan tak terlupakanKampoeng Batik Gedong (instagram.com/rameliavitra)

Bagi Anda pecinta batik wajib mengunjungi Kampung Batik Gedong di Rejomulyo, Kabupaten Semarang Timur. Seperti namanya, kampung bertema ini merupakan sentra batik Semarangan. Anda dapat membeli dan mempelajari kait.

Salah satu jalan di Kampung Batik memiliki dinding yang dihiasi dengan mural estetika. Bukan sembarang mural, tapi memuat cerita sejarah berdirinya Semarang dalam bentuk wayang. Anda menerima Pekerjaan foto ini Instagramable di sini.

Kegiatan bermanfaat lainnya adalah mempelajari filosofi batik. Anda dapat mengunjungi pengrajin batik dan belajar tentang berbagai jenis batik dan arti dari setiap motif.

Desa wisata bisa menjadi salah satu destinasi wisata favorit menyegarkan dari hiruk pikuk kota dan penat setelah rutinitas.

Selain itu, Anda dapat menikmati keindahan alam dan memperkaya pengalaman dengan penduduk setempat. Desa wisata mana yang ingin Anda kunjungi di Semarang?

Baca Juga: 10 Potret Desa Nglanggeran, Pemenang Desa Wisata Terbaik Dunia 2021

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button