Desa Wisata Keris Aeng Tongtong Sumenep Pecahkan Rekor MURI, Produknya Jadi Souvenir Acara Sampingan G20 - WisataHits
Jawa Timur

Desa Wisata Keris Aeng Tongtong Sumenep Pecahkan Rekor MURI, Produknya Jadi Souvenir Acara Sampingan G20

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa bangganya atas prestasi Desa Wisata Keris Aeng Tongtong Sumenep pada ajang nasional Indonesia Tourism Village Awards 2022.

Pada ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diikuti 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia itu, Desa Aeng Tongtong, Kabupaten Sumenep berhasil menyabet dua gelar luar biasa.

Pertama, Desa Aeng Tongtong memecahkan rekor MURI sebagai desa dengan master keris terbanyak di dunia.

Selanjutnya, Desa Aeng Tong Tong juga dinobatkan sebagai pemenang perdana ADWI 2022 kategori Daya Tarik Pengunjung.

“Kami bangga dan senang mendengar Desa Aeng Tongtong, Sumenep berhasil meraih Juara 1 Kategori Daya Tarik Pengunjung dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI),” kata Gubernur Khofifah, Jumat (4.11.022).

“Selain itu, Desa Wisata Keris Aeng Tongtong juga berhasil meraih rekor MURI sebagai desa wisata dengan jumlah empu keris terbanyak di dunia. Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Sumenep,” lanjutnya.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menjelaskan, ada kelebihan yang membuat Desa Aeng Tongtong memecahkan rekor MURI sebagai desa dengan master keris terbanyak.

Pasalnya, ada 446 pembuat keris yang terdiri dari para empu keris di Desa Aeng Tongtong, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Rinciannya terdiri dari 440 master pria dan 6 master wanita.

Desa Wisata Keris Aeng Tongtong dikenal sebagai salah satu dari tiga desa wisata di Indonesia yang memecahkan rekor MURI pada ajang ADWI 2022.

Begitu juga untuk juara 1 yang dibanggakan dalam kategori daya tarik pengunjung.

Khofifah mengatakan desa ini memiliki keunggulan dalam upaya menarik pelestarian budaya yang kuat. Juga memiliki keunikan yang belum tentu dimiliki desa wisata lainnya, yaitu pande atau ahli pembuat keris.

Tak hanya itu, desa wisata yang satu ini juga mampu menawarkan aktivitas wisata bagi wisatawan berupa proses ketika para Pande mulai membuat keris. Dimana Keris dari Desa Aeng Tongtong memiliki nilai kreativitas dan inovasi yang tinggi serta memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Kegiatan pembuatan keris di Desa Aeng Tongtong tentunya tidak lepas dari warisan nenek moyang yang juga empu membuat keris. Hingga saat ini kegiatan pembuatan keris di Desa Aeng Tongtong masih berlangsung dan menjadi mata pencaharian atau mata pencaharian sebagian besar masyarakat disamping pertanian dan lain-lain,” ujarnya.

Mantan menteri sosial itu menegaskan, banyak warga Desa Aeng Tongtong yang berprofesi sebagai pengrajin atau pembuat keris, banyak juga pedagang keris di beberapa kota di Pulau Jawa.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button