Desa Wisata Kandri, banyak monyet ekor panjang berkeliaran - WisataHits
Jawa Tengah

Desa Wisata Kandri, banyak monyet ekor panjang berkeliaran

LANGIT7.ID, Semarang – Desa Wisata Kandri terletak di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Didirikan pada 21 Desember 2012, desa ini menawarkan wisata alam dan budaya yang indah.

Desa wisata ini memiliki potensi wisata berupa Wisata Gua Kreo yang terletak di sebuah pulau kecil di tengah Waduk Jatibarang. Di pulau kecil ini, wisatawan juga bisa melihat ratusan kera ekor panjang jinak yang menghuni pulau kecil tersebut

Seperti dilansir jadesta.kemenparekraf.go.id, selain potensi wisata alam, Desa Wisata Kandri juga memiliki potensi wisata buatan berupa Waduk Jatibarang yang dilengkapi dengan perahu wisata, Kandri Plaza dan tempat pemancingan.

Baca Juga: Mau Naik Gunung Dempo di Pagaralam, Ini Syaratnya

Potensi wisata minat khusus berupa ekowisata dan eduwisata dikemas dalam paket wisata untuk kelompok anak usia prasekolah dan sekolah mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Sarana dan prasarana yang ditawarkan untuk menunjang kegiatan wisata yang ada antara lain kantor dan sekretariat pengelola desa wisata, pemandu wisata, homestay dan lain-lain.

Di tempat wisata ini Sahabat Langit7 juga menawarkan fasilitas berupa tempat parkir mobil yang luas, paket wisata, kebun buah, sanggar seni Omah Ala, kereta wisata, spot foto, toilet, kios UMKM, camping ground, river tubing dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Baca Juga: Gua Kreo, Destinasi Wisata yang Lebih Indah di Sunan Kalijaga Petilasan

Belum lagi desa ini juga menyajikan makanan khas dari Desa Wisata Kandri seperti Sego Kethek, kemudian ada juga oleh-oleh khas berupa aneka makanan dan jajanan berbahan dasar singkong, seperti Wingsing, Tape Jenang, Tape Dodol, Sikela, Gethuk, aneka Kripik dan Singkong Renyah dan lain-lain.

Desa wisata ini memiliki berbagai produk oleh-oleh yang terbuat dari bambu, kayu dan bahan lainnya, kemudian produk sablon dan sablon kaos dan batik.

Potensi kesenian yang ada berupa Gendongan Bacaan, Kempling Kemanak, Gamelan, Karawitan, Sanggar Tari. Potensi kearifan budaya lokal yang dikemas dalam kalender kegiatan tahunan adalah Prosesi dan Prosesi Sesaji Rewanda, Legenda Gua Kreo, Desa Nyadran, Makam Nyadran, Nyadran-Kali, Barikan dan Waduk Sedekah.

(Lembut)

Source: langit7.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button