Desa wisata dipandang sebagai solusi untuk membangkitkan ekonomi pascapandemi - WisataHits
Jawa Tengah

Desa wisata dipandang sebagai solusi untuk membangkitkan ekonomi pascapandemi

jakarta

Langkah bersama dirasa perlu untuk memajukan setiap potensi daerah dan desa dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan, pelestarian setiap destinasi wisata harus ditingkatkan agar dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Hal tersebut disampaikan Lestari pada peluncuran “Sosialisasi Peningkatan Kualitas Pengelolaan dan Jejaring Desa Wisata” secara virtual yang diadakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Prasarana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kudus menjadi . Jawa Tengah, hari ini.

“Desa Wisata dan Desa Tematik merupakan solusi potensial bagi pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi. Menggabungkan desa terbaik dengan pariwisata dapat menciptakan peluang dan mendorong pembangunan berkelanjutan,” kata Lestari dalam keterangannya, Selasa (13/9/2022). .

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Menurut Lestari, kekayaan desa bisa dijadikan destinasi wisata yang potensial, antara lain:
Bentang alam, keanekaragaman hayati dan budaya, aktivitas dan adat istiadat setempat, serta nilai-nilai moral termasuk gastronomi.

Lestari menemukan bahwa desa wisata adalah mesin yang kuat untuk mewujudkan kebaikan bersama melalui penguatan dan pengembangan ekonomi lokal. Anggota Komisi X DPR RI Dapil II Jateng menyatakan, upaya membangun jejaring desa wisata harus menjadi gerakan perubahan yang diprakarsai masyarakat untuk maju melalui wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah dan mandiri. Wisata religi dan wisata buatan.

Ia mengatakan, pengembangan pengelolaan desa wisata harus berangkat dari kemauan untuk memajukan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, sosialisasi pengelolaan desa liburan dan kawasan liburan harus ditempatkan dalam koridor pembelajaran aktif dan peningkatan kreativitas.

Menurutnya, pembelajaran memungkinkan setiap pelaku wisata dan pengembang desa wisata menemukan cara efektif untuk mengelola potensi masing-masing desa melalui berbagai inovasi. Ia meyakini keragaman budaya dan kekayaan alam di Indonesia memungkinkan inovasi pariwisata dan industri kreatif dapat diwujudkan secara berkelanjutan.

“Munculnya desa wisata dapat menjadi ruang rekreasi untuk menggerakkan perekonomian masyarakat kembali menuju revitalisasi ekonomi berkelanjutan melalui kemampuan adaptif dan dinamis,” pungkasnya.

(prf/ega)

Source: news.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button