Desa wisata berbasis konservasi nilai Mendes menjadi favorit wisatawan - WisataHits
Jawa Tengah

Desa wisata berbasis konservasi nilai Mendes menjadi favorit wisatawan

Jakarta (ANTARA) – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menilai desa wisata berbasis konservasi menjadi tujuan wisata yang banyak diminati wisatawan.

“Desa wisata harus berbasis upaya konservasi karena diyakini pasti akan berkembang,” kata Mendes PDTT saat berkunjung ke Kantor Desa Lerep, Distrik Hungaria Barat, Kabupaten Semarang, Kamis.

Ditambahkannya, keunikan budaya dan kearifan lokal desa tersebut juga kerap menjadikannya salah satu destinasi wisata terpopuler.

“Misalnya, Pantai Kuta di Bali yang mengandalkan pasir putih dan ombaknya masih dipadati wisatawan,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Mendes PDTT Upayakan Ubah Masa Jabatan Kades Jadi Sembilan Tahun

Baca juga: Mendes PDTT: Mewujudkan SDGs Desa Perlu Sinergi dan Kolaborasi

Oleh karena itu, PDTT Mendes mendorong pengembangan pariwisata di Desa Lerep untuk selalu menjunjung tinggi kelestarian alam dan budaya lokal.

Ditambahkannya, masuknya Desa Wisata Lerep (DWL) ke dalam Aplikasi Desa Wisata Nusantara yang dikembangkan Kementerian Desa PDTT bertujuan untuk membantu desa wisata lokal Lerep agar lebih dikenal masyarakat luas.

“Aplikasi tersebut merupakan bagian dari upaya Kementerian Desa PDTT untuk memberikan promosi gratis, namun masyarakat diimbau untuk sering mengaksesnya agar DWL selalu muncul di aplikasi tersebut,” ujar Gus Halim, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Halim mengimbau BUMDes agar bisa memenuhi kebutuhan warga meski tidak memperoleh keuntungan maksimal.

“Ingat BUMDes lahir untuk sebesar-besarnya kemaslahatan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, Gus Halim memberikan bantuan pembangunan BUMDes dan mengajukan Surat Badan Hukum Lentera Gerbang BUMDes. Ia juga menyerahkan Buku SDGs Desa kepada Wakil Bupati Semarang Basari.

Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan pengamatan langsung ke Waduk Sebligo di Desa Lerep yang telah menjadi tujuan wisata.*

Reporter: Zubi Mahrofi
Penerbit : Erafzon Saptiyulda AS
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button