Desa Pamekasan Pasanggar direncanakan sebagai desa wisata petik melon - WisataHits
Jawa Timur

Desa Pamekasan Pasanggar direncanakan sebagai desa wisata petik melon

JATITIMES – Sejumlah desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur berbondong-bondong menggali potensi desanya untuk mendongkrak perekonomian masyarakat desa. Salah satunya adalah Desa Pasanggar di Kecamatan Pegantenan.

Diketahui, Desa Pasanggar saat ini sedang mengembangkan melon seluas sekitar 2 hektar untuk kemandirian ekonomi warga setempat.

Baca Juga: Tabur Bunga di TMP Tandai Klimaks HUT Partai Golkar Lumajang

Camat Pegantenan Abdul Munif mengapresiasi upaya kelompok tani dalam mengembangkan tanaman melon. Budidaya melon yang terletak di Dusun Sanggar II Desa Pasanggar ini nantinya direncanakan sebagai desa wisata petik melon atau desa wisata buah.

“Tergantung ada atau tidaknya desa tersebut, bagaimana desa itu nantinya akan berkembang menjadi desa wisata petik melon,” ujarnya, Selasa (18/10/2022).

Menurutnya, tanaman melon dengan luas 2 hektar ini layak menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Pamekasan. Jadi uang yang beredar di desa tidak hanya berasal dari penjualan melon, tetapi juga dari kunjungan wisatawan dan dampak ekonomi lainnya.

“Nanti bisa dijadikan kampung tematik, kalau sudah jadi kampung tematik nanti dikelola oleh instansi terkait. Sehingga perkembangannya lebih berdampak,” ujarnya.

Baca Juga: Saluran Air Sungai Brantas Kota Kediri Masuk Zona Merah, Warga Diminta Waspada

Ia mengaku pihaknya telah meminta pemerintah desa mengembangkan buah-buahan lain untuk menarik minat masyarakat di luar desa Pasanggar untuk berkunjung. Dengan demikian, Desa Pasanggar benar-benar menjadi desa wisata buah yang dapat memanjakan pengunjung.

“Misalnya semangka, melon atau buah lainnya, yang terpenting bisa menarik minat orang luar untuk berkunjung. Sedangkan tanaman buah-buahan yang tumbuh subur sekarang ada di Desa Pasanggar,” pungkasnya.

Source: jatimtimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button