Desa indah dan murah senyum penduduknya, inilah 6 desa terunik di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Timur

Desa indah dan murah senyum penduduknya, inilah 6 desa terunik di Jawa Barat

Desa indah dan murah senyum penduduknya, inilah 6 desa terunik di Jawa Barat

SurabayaNetwork.id – Tinggal di desa merupakan salah satu keinginan dan impian sebagian orang, terutama mereka yang ingin sembuh dan menjernihkan pikiran. Daftar desa terunik di Jawa Barat ini bisa dijadikan referensi.

Artikel ini akan berbagi informasi tentang desa-desa terunik dengan berbagai keindahan dan aktivitas tradisional yang dilakukan oleh penduduk setempat di Jawa Barat.

Di beberapa desa di Jawa Barat Anda bisa menikmati pemandangan dengan suhu yang sejuk, memetik teh dan memanen biji kopi atau menikmati pertunjukan wayang yang menarik.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Kota Tersunyi di Jawa Barat yang Cocok untuk Introvert

Desa paling unik di Jawa Barat ini bisa dijadikan referensi tempat liburan bersama teman dan keluarga lho. Ini akan sangat menyenangkan.

Tak hanya berlibur, Anda juga bisa berpikir untuk pindah ke desa unik di Jawa Barat ini, dijamin betah.

Jawa Barat memiliki banyak desa dengan keunikan dan kelebihannya masing-masing, namun inilah 6 desa terunik di Jawa Barat.

1. Desa Endah Rancabali

Desa Alam Endah Rancabali ditetapkan sebagai Desa Wisata pada 2 Februari 2011. Desa ini merupakan salah satu desa yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan.

Alamendah adalah salah satu desa agronomi yang paling maju, dengan sebagian besar penduduknya adalah petani dan pedagang. Disini wisatawan bisa mendapatkan paket wisata yang lengkap, baik wisata alam, wisata religi maupun agrowisata.

Kegiatan agrowisata yang sangat populer adalah memetik stroberi. Jika berkunjung ke desa ini, kamu juga bisa belajar mengolah hasil pertanian lho.

Selain itu, wisatawan juga bisa menjadi pemerah susu dan mencicipi susu segar atau berkeliling perkebunan.

Anda ingin pergi berkemah? Tenang, Alamendah juga memiliki beberapa titik untuk camping, diantaranya adalah Punching Pass yang memiliki wisata air panas.

Di desa ini wisatawan juga bisa mengamati seni budaya yang dilestarikan masyarakat Alamendah, seperti karinding atau pencak silat.

Desa Wisata Alamendah berjarak sekitar dua jam dari kota Bandung dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: 11 12 Indah dengan Swiss, 5 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat Ini Cocok untuk Liburan Keluarga

2. Kampung Naga Tasikmalaya

Kampung Naga yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya menawarkan keindahan alam dan budaya leluhur Sunda.

Kampung ini tentunya cocok untuk orang yang pening karena hiruk pikuk kota, Mengunjungi Kampung Naga adalah salah satu obat mujarab.

Salah satu daya tarik Desa Naga Tasikmalaya adalah kebijakan desa menolak modernisasi. Masyarakat masih hidup sederhana, tanpa lampu, tanpa listrik.

Rumah penduduk di desa ini terbuat dari kayu dan bambu, sedangkan atapnya terbuat dari daun lontar dan ijuk atau alang-alang.

Namun, bentuk rumah yang sederhana di areal persawahan membuat kita serasa kembali ke masa lampau, dan itulah yang membuat Kampung Naga unik dan layak untuk dikunjungi.

Berbagai upacara hari besar juga diadakan, seperti upacara Tahun Baru pada setiap tanggal 27 Muharram dan penyucian benda atau senjata yang dianggap suci pada setiap tanggal 12 Maulud.

Wisatawan yang berkunjung ke Kampung Naga dapat mempelajari kehidupan sehari-hari dan aktivitas budaya masyarakat setempat secara gratis, artinya wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk.

3. Desa Wisata Saung Ciburial Garut

Pesona wisata di Garut sepertinya tidak ada habisnya, salah satunya adalah wisata di Kota Intan, Desa Wisata Saung Ciburial.

Wisata pedesaan ini terletak di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Dibutuhkan sekitar dua jam dari Bandung.

Salah satu keunggulan desa wisata ini adalah wisata homestay bagi warga setempat. Di sana, wisatawan bisa lebih banyak berinteraksi dengan warga atau wisatawan lainnya.

Baca Juga: 11 12 Indah dengan Swiss, 5 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat Ini Cocok untuk Liburan Keluarga

Sejauh ini, ada sekitar 80 rumah warga siap huni di Desa Wisata Saung Ciburial, satu-satunya destinasi wisata di Garut yang menjadikan rumah warga homestay.

Masyarakat setempat juga menjaga tradisi mereka: salah satu tradisi yang masih bertahan adalah permainan lembur anak-anak atau Kaulinan Urang, yang bisa Anda coba bersama keluarga.

4. Desa wisata Gegesik Kulon

Desa wisata yang masuk daftar desa terunik di Jawa Barat berikutnya adalah Desa Gegesik Kulon di Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon.

Desa ini menawarkan wisata bertema budaya antara lain seni Tatah Sungging Wayang Kulit Gagrak Cirebon, yaitu kursus pembuatan boneka kulit yang diberikan oleh Ki Sawiyah, seorang pengrajin boneka kulit legendaris asal Cirebon.

Selain wayang kulit, Anda juga bisa belajar mengukir kayu di desa Gegesik Kulon. Seru dan pastinya sangat keren.

Selain itu di sekitar alun-alun juga terdapat fasilitas menunggang kuda dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 20.000.

Desa Gegesik Kulon menyajikan kuliner khas seperti Jajanan Geplak, Jajanan Opak dan Manuk Brekek. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

5. Kampung Pelukis Jelekong

Jelekong adalah rumah bagi pelukis dan seniman wayang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Desa ini sangat cocok bagi anda yang memiliki kecintaan yang besar terhadap seni.

Wisatawan yang memasuki Desa Jelekong langsung dihadapkan pada deretan galeri lukisan karya pelukis turun-temurun.

Diketahui, tokoh Bah Odin Rohidin lah yang memperkenalkan seni lukis di Jelekong. Pelukis muda di Kampung Jelekong tumbuh dengan sangat cepat.

Ini membuktikan munculnya komunitas Gurat yang diprakarsai oleh para pelukis muda Jelekong. Jangan heran jika melihat banyak anak muda melukis di pinggir jalan.

6. Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar

Rekomendasi kelima kampung terunik di Jawa Barat adalah Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar di Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi.

Desa ini bisa menjadi salah satu tempat yang tepat untuk rehat sejenak dari kehidupan kota. Desa adat di kaki Gunung Halimun ini memiliki pesona tersendiri bagi pecinta budaya lokal.

Para wisatawan dapat melihat kearifan lokal masyarakatnya yang masih memegang teguh nilai-nilai adat dan tradisi Sunda yang kuat. Mirip dengan Desa Naga.

Rumah warga Ciptagelar masih memegang teguh tradisi masyarakat Sunda kuno. Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat sejumlah upacara adat di sana.

Jalan yang digunakan di desa ini masih terbilang off-road. Namun, perjuangan ini akan terbayar begitu Anda memasuki kawasan Ciptagelar dengan penduduknya yang ramah.

Baca Juga: 11 12 Indah dengan Swiss, 5 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat Ini Cocok untuk Liburan Keluarga

Itulah informasi menarik tentang 6 desa terunik di Jawa Barat yang sangat berbeda dengan suasana kota yang bising dan melelahkan. Rekomendasi desa terunik di Jawa Barat ini bisa dijadikan referensi tempat liburan santai.***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button