Deretan turis hits di kota pelajar Yogyakarta salah satunya Luweng Sampang - WisataHits
Yogyakarta

Deretan turis hits di kota pelajar Yogyakarta salah satunya Luweng Sampang

TAGAR.id, Jakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, yang demikian karena banyaknya masyarakat dari seluruh Indonesia dan mancanegara menjadikan Yogyakarta sebagai tempat menimba ilmu.

Yogyakarta menjadi semakin istimewa karena terdapat berbagai wisata termasuk wisata alam dan sebagai daerah yang masih lekat dengan sistem kerajaan. Berbicara tentang wisata alam di Yogyakarta, rasanya tidak ada habisnya jika kota ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak heran jika pengunjung tempat wisata di Yogyakarta semakin meningkat setiap tahunnya. Juga, Anda dapat dengan mudah berkendara ke Yogyakarta. Salah satunya adalah Joglosemar Travel yang bisa kamu pesan di sini.

Lalu apa saja tempat wisata di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi? Berikut ulasan yang dirangkum dari blog Traveloka dan sumber lainnya.

1. Mata Langit oleh Plataran

Destinasi wisata pertama adalah Mata Langit By Plataran. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam Yogyakarta dari atas bukit.

Dari tempat ini Anda bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang luar biasa. Perlu juga dicatat bahwa Mata Surga masih cukup dekat dengan Borobudur.

Tempat wisata ini terletak di kawasan Ngargogondo, kecamatan Borobudur. Anda yang ingin berwisata kuliner Mata Langit juga bisa menikmati berbagai makanan lokal yang lezat.

2. Pantai butuh Gunung Kidul

Jika Anda berwisata ke kawasan Gunung Kidul, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Need. Pantai ini memiliki pesona pasir putih yang sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai dari hiruk pikuk kehidupan kota. Pantai ini terletak di kawasan Krambilsawit, Saptosari, Gunung Kidul.

Mengunjungi Need Beach tidak hanya menawarkan pesona alamnya, tetapi juga sangat murah. Anda hanya perlu biaya masuk 10.000 per orang dan Anda sudah bisa menjelajahi pantai berpasir putih.

3. Bukit Parang Endog

Berikutnya adalah Bukit Parang Endog yang terletak di kawasan Parangtritis. Bukit ini biasanya digunakan sebagai tempat paralayang. Bahkan non-profesional bisa pergi paralayang dengan instruktur berpengalaman.

Selain aktivitas paralayang, di sini Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Parangtritis dari atas bukit ini. Jika Anda berencana untuk menikmati sunset dari Bukit Parang Endog, sebaiknya datang pada sore hari agar bisa melihat sunset yang sempurna. Situs ini terletak di kawasan Parang Reja, Purwosari.

4. Bukit Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir merupakan salah satu destinasi wisata favorit banyak orang. Di tempat ini Anda bisa melihat gurun pasir yang sangat luas seperti di Timur Tengah. Untuk aktivitas yang bisa dilakukan di Gumuk Pasir adalah sand boarding atau selancar pasir.

Selain itu, Anda juga bisa mengelilingi gurun pasir dengan kendaraan ATV atau menunggangi kuda. Gurun ini juga banyak dikunjungi orang yang ingin berfoto prewedding karena tempatnya yang cukup unik. Lokasinya di Pantai Parangkusumo, Parangtritis.

5. Gua Jomblang

Gua Jomblang terletak di kawasan Gunung Kidul. Cerita dari bawah adalah sebuah gua yang terbentuk oleh proses geologis ribuan tahun yang lalu. Untuk masuk ke dalam gua harus menggunakan tali sebagai jalan. Meski cukup ekstrim dan menegangkan, Anda bisa mendapatkan pengalaman seru saat masuk ke dalam goa.

Tak heran jika Gua Jomblang menjadi lokasi program perjalanan analog dari Korea Selatan. Untuk mengunjungi Goa Jomblang perlu reservasi terlebih dahulu. Karena lokasinya yang cukup ekstrim dan sulit dijangkau, pengunjung gua juga terbatas.

6. Air Terjun Kedung Kandang

Bagi Anda yang suka menikmati air terjun alami, Anda bisa mengunjungi kawasan Gunung Kidul. Di sini Anda bisa mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang. Hebatnya lagi, air terjun ini memiliki 6 mata air yang mengalir langsung ke persawahan.

Untuk mengunjungi air terjun Anda harus melewati rute yang cukup menantang. Hanya saja semuanya akan terbayarkan, meski harus menelusuri terlebih dahulu, dengan pemandangan di sekitar air terjun yang dikelilingi oleh tanaman hijau dan rona indah.

7. Curug Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang merupakan air terjun yang sering dibandingkan dengan Antelope Canyon di mancanegara. Air terjun ini memiliki ciri khas dinding batu dengan garis mendatar, kemudian garis tersebut membentuk aliran air. Air terjunnya berwarna hijau kecoklatan sedangkan Antelope Canyon berwarna merah.

Air terjun ini berasal dari Pegunungan Sewu, sehingga airnya sangat jernih. Anda hanya bisa berenang di air terjun, tetapi Anda juga bisa menyusuri air terjun dan terowongan di balik dinding batu. Lokasinya sendiri berada di Mongkrong, Sampang, Gedangsari.

Itulah beberapa destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi di Yogyakarta. Selain berwisata ke Borobudur, Anda bisa mengunjungi tempat wisata tersebut dan merencanakan liburan di Yogyakarta.

Bagi Anda yang kebetulan sedang berlibur di Yogyakarta dan bingung dengan moda transportasi yang akan digunakan, Anda bisa memilih bus Joglosemar. Bus ini merupakan standar angkutan umum pariwisata yang sudah ada sejak tahun 2005.

Joglosemar adalah bus wisata dengan layanan bus eksekutif berbagai jenis yaitu Armada Pandawa, Armada Mutiara dan Armada Zamrud. Armada ini dilengkapi dengan AC, pemandu wisata dan bagasi yang luas untuk penyimpanan bagasi.

Bagi Anda yang ingin memesan tiket bus Joglosemar dengan mudah, Anda dapat membelinya di Traveloka Lifestyle SuperApp. Traveloka menghadirkan tiket bus ini dengan harga yang berbeda-beda, mulai dari Rp100.000 untuk Kelas Eksekutif.

Ingin mendapatkan tiket promo Joglosemar dengan harga termurah? Cek saja halaman promo di Traveloka dan jangan lupa ikuti live streaming Traveloka LIVE: NgeBasReng live streaming yang hadir setiap bulannya.[]

Baca juga:

Source: www.tagar.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button