Deretan anak didik Indonesia di Olimpiade Informatika Internasional 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Deretan anak didik Indonesia di Olimpiade Informatika Internasional 2022

jakarta

Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah International Olympiad in Informatics (IOI) 2022. Ajang internasional paling bergengsi di bidang informatika untuk siswa SMP dan SMA ini akan hybrid di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 7-15 Juli berlangsung di Agustus 2022.

Pada IOI 2022, Indonesia mengirimkan 8 peserta yang terbagi menjadi 2 tim. Tim A terdiri dari Albert Yulius Friendlyalim dari SMA Katolik Ricci I Jakarta Barat, Juan Carlo Vieri dari SMA Intan Permata Hati Surabaya, Maximilliano Utomo dari SMA Xin Zhong Surabaya dan Joseph Oliver Lim dari SMA Penabur 1 Jakarta.

Di Tim B, formasi siswa terdiri dari Albert Ariel Putra dari SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo, Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta, Andrew dari SMA Sutomo 1 Medan dan Vannes Wijaya dari 8 Pekanbaru.

Peluang Mahasiswa Indonesia Menang di IOI 2022

Veni Johanna, Peraih Medali Perak IOI 2009 dan Praktisi Teknologi Informasi, mengatakan mahasiswa dan praktisi teknologi di Indonesia sangat mampu bersaing di dunia ilmu komputer internasional.

“Membuktikan ini adalah tim Indonesian Computing Olympiad yang rutin meraih medali di International Olympiad in Informatics (IOI), bahkan meraih emas di tiga IOI terakhir. Sukses di kompetisi seperti ini juga merupakan prasyarat yang baik bagi dunia profesional,” kata Veni dalam keterangannya, Kamis (21 Juli 2022).

“Banyak lulusan Olimpiade Sains SMA yang kemudian menjadi pendiri atau pimpinan perusahaan teknologi di Indonesia, atau bekerja di perusahaan teknologi global seperti Silicon Valley,” tambah Veni.
Brian Marshal, alumni Panitia Penyelenggara Penyelenggara IOI 2022 sekaligus tim Indonesian Computing Olympiad, mengumumkan bahwa mahasiswa Indonesia sendiri telah mengikuti kompetisi ini sejak tahun 1995.

Melalui keikutsertaan ini, anak-anak Indonesia beberapa kali telah mengharumkan nama Indonesia dengan meraih juara dan banyak medali.

Hibrida Pahlawan IOI 2022

Setelah dua tahun berturut-turut diselenggarakan secara online akibat pandemi Covid-19, IOI 2022 menjadi ajang kompetisi di Indonesia hibrida awalnya online dan offline.

“Alumni dan pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) melalui Ikatan Alumni (IA) TOKI senang dan bangga dapat berkontribusi dan berkolaborasi dengan Kemendikbud dalam penyelenggaraan IOI 2022,” ujar Brian.

Mengapa informatika penting?

Praktisi teknologi informasi Ainun Najib mengatakan selain tren dan peluang utama di bidang ilmu komputer, penting untuk mempelajari prinsip dasar penggunaan kecepatan komputer untuk memecahkan masalah sejak kecil.

“Banyak inovasi teknologi telah muncul dalam beberapa dekade terakhir. Keterampilan komputasi, komputasi, dan otomatisasi telah tumbuh secara eksponensial, membantu orang mengatasi beban kerja yang dulunya dilakukan secara manual menggunakan pikiran dan tangan manusia,” kata Ainun.

Persiapan IOI 2022

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Sesjen Kemendikbudristek) Suharti mengatakan, tim Indonesia melakukan berbagai persiapan untuk kompetisi ilmu komputer internasional ini.

“Tim IOI 2022 telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk membantu mempersiapkan kedatangan peserta dari luar negeri yang diperkirakan mencapai 360 peserta dari 89 tim. 72 di antaranya akan langsung ke Indonesia,” kata Suharti.

Suharti menambahkan, keberhasilan acara IOI ke-34 akan dibuktikan melalui kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan media.

“Tim Panitia Penyelenggara IOI 2022 juga mendapat sambutan yang baik dan dukungan yang luar biasa dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, melalui berbagai satuan kerja perangkat daerah terkait. Kami ucapkan terima kasih atas dukungannya,” ujarnya kepada Suharti.

Penyelenggaraan IOI Olympiad 2022 juga didukung oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KemenBUMN RI) dan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ibu Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah Pemerintahan Jakarta, Taman Wisata Candi (TWC) PT. Angkasa Pura 1, PT Angkasa Pura 2, PT Telkom, PT PLN, Acer, Jane Street, Tezos, Huawei, SIRCLO dan Blibli.

Saksikan Video “Pengakuan Siswa SMP 4 Pekanbaru Yang Hilang Lalu Ditemukan di Kamar Hotel”
[Gambas:Video 20detik]
(dua/pasangan)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button