Departemen Tenaga Kerja meluncurkan program pelatihan dalam lima tujuan prioritas - WisataHits
Jawa Timur

Departemen Tenaga Kerja meluncurkan program pelatihan dalam lima tujuan prioritas

Departemen Tenaga Kerja (Kemnaker) meluncurkan pemagangan di lima destinasi wisata prioritas (DWSP) untuk membantu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di bidang pariwisata dalam program unggulan pemerintah.

Menurut Departemen Tenaga Kerja Diantara, Pada Sabtu (20/8/2022) Ida Fauziyah, Menteri Tenaga Kerja (Menaker), menyatakan bahwa pengembangan lima DWSP merupakan salah satu program unggulan di sektor pariwisata dengan bagian penting dari pengembangannya, yaitu penyiapan pariwisata, sumber daya manusia.

“Persiapan SDM pariwisata merupakan elemen terpenting untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang berkualitas,” kata Ida.

Program pelatihan tersebut dilakukan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata yaitu Danau Tobase, Borobudur, Mandalika, Likupang dan Labuan Bajo.

Ida mengatakan ada tiga hal yang perlu diperhatikan agar kualitas SDM pariwisata meningkat, yaitu prosedur pelayanan terkait keragaman kegiatan pariwisata.

Selain itu, ada pertanyaan tentang penggunaan peralatan dan bahan yang diperlukan di bidang jasa serta pengembangan sikap, perilaku, sopan santun dan sebagainya.

Berbicara pada acara Kick-off Pemagangan Dalam Negeri 2022 pada hari Sabtu di Danau Toba Medan, Sumatera Utara, ia juga menjelaskan bahwa pada tahun 2022 Kementerian Tenaga Kerja memperkenalkan program pemagangan yang difokuskan pada lima DWSP dan melibatkan 500 orang di 62 perusahaan.

“Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Disnaker dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang pariwisata,” kata Ida.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, memberikan apresiasi kepada Ida Menaker yang selalu berupaya memastikan tenaga kerja Indonesia kompeten.

Hal ini diperlukan untuk menuju Indonesia Gold pada tahun 2045, harus didukung oleh sumber daya manusia yang terampil dan berdaya saing tinggi. (semut/bil/makan)

Source: www.suarasurabaya.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button