Dengan memanfaatkan potensi alam, BUMDes musiman mengembangkan wisata bumi perkemahan - WisataHits
Jawa Tengah

Dengan memanfaatkan potensi alam, BUMDes musiman mengembangkan wisata bumi perkemahan

KABARMADURA.ID | Pengembangan pariwisata BANGKALAN menjadi trend bisnis yang digandrungi sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Bangkalan. Tak terkecuali BUMDes Desa Alas Rajah, Kabupaten Blega yang saat ini sedang mengembangkan wisata berbasis alam sebagai sumber pendapatan.

Direktur BUMDes Desa Alas Musim Alas Rajah Muhari Aqil Salman mengatakan, pihaknya sedang berupaya mengembangkan destinasi wisata alam yang akan menjadi unggulan desanya. Lain halnya dengan wisata camping yang dinilai sangat menjanjikan jika dikembangkan.

“Di desa kami ada lima bukit yang bisa dilihat dari satu titik. Kami menilai sangat cocok untuk camping ground yang tidak kalah bersaing dengan wisata alam di kawasan yang sering dikunjungi pecinta alam di beberapa daerah di Jawa Timur,” ujarnya kepada Madura News, Selasa (10/4/2022).

Wisata yang berhubungan dengan alam mulai berkembang dalam beberapa bulan terakhir. Sudah empat bulan sejak dibuka untuk umum. Pihaknya mengaku akan bekerjasama dengan Institut Teknologi Nasional Malang dalam konsep pariwisata.

Menurutnya, wisata bumi perkemahan tersebut merupakan satu-satunya yang ada di Bangkalan. Oleh karena itu, ia sangat berharap Pemerintah Kabupaten Bangkalan (Pemkab) turut serta dalam pengelolaan dan pembangunan tersebut.

Tidak hanya wisata camping yang ingin ia promosikan, namun juga wisata edukasi pertanian yang ingin ia kembangkan. Untuk Desa Alas Rajah mungkin memiliki lahan pertanian yang luas dan hasil pertanian yang baik.

“Di sini juga potensial untuk wisata edukasi pertanian. Produk pertanian khususnya jagung sangat bagus di sini. Sembari kami menggarap wisata campsite, kami juga meluncurkan wisata edukasi hasil pertanian jagung dari masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Penerbit: Muhammad Aufal Fresky

Source: kabarmadura.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button