Dengan Massive MIMO, Jaringan 4G XL Axiata Siap Berakselerasi di World Superbike Mandalika - WisataHits
Jawa Barat

Dengan Massive MIMO, Jaringan 4G XL Axiata Siap Berakselerasi di World Superbike Mandalika

RADARSOLO.ID-PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G Lombok dalam kondisi prima dan siap menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), 12 Juni 2022-13, selamat datang November 2022.

Setidaknya ada 10 BTS 4G yang disiapkan untuk ituHalaman rumah di seluruh Mandalika, termasuk sirkuit dan area pendukung sekitarnya, di mana terdapat puluhan hotel besar dan kecil, restoran dan berbagai fasilitas wisata lainnya.

XL Axiata juga menyediakan jaringan 5G di sekitar area trek balap dengan menggunakannya berbagi spektrum dinamis (DSS) serta menyiagakan 3 unit mobile BTS untuk mengantisipasi puncak lalu lintas saat ajang balap sedunia berlangsung.

“XL Axiata sebagai operator dengan jumlah pelanggan terbesar di Lombok berkomitmen untuk turut memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan WSBK kedua di Mandalika dengan menyediakan jaringan 4G dan 5G yang memadai sesuai kebutuhan,” ujar Director & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, Kamis (10/11/2022).

potensi puncak Lalu lintas di acara Menurut Darmayusa, WSBK ini sangat besar. Ingat acara Ras ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Termasuk potensi kehadiran penonton dari luar negeri. Dengan semakin banyaknya orang yang pindah ke daerah tersebut, kebutuhan akan jaringan telekomunikasi dan data yang berkualitas tinggi juga akan meningkat.

Khusus BTS yang menjangkau wilayah sirkuit Mandalika, XL Axiata akan mengadopsi teknologi terbaru yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi ini, layanan data yang lebih baik dapat diberikan di masa depan karena kapasitas data dapat ditingkatkan.

“Peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya di Mandalika. XL Axiata juga memperluas jaringan 4G ke seluruh pelosok Lombok. Baik untuk meningkatkan kualitas layanan data dan suara di wilayah metropolitan maupun untuk melakukan ekspansi ke wilayah yang sebelumnya tidak terjangkau. Saat ini jaringan 4G XL Axiata tersedia untuk melayani pelanggan di 598 desa/Kelurahan, 54 kecamatan, dan lima kabupaten/kota di Lombok,” jelas Darmayusa.

Secara total, ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok. Sekitar 2.300 di antaranya adalah BTS 4G. Jumlah BTS 4G akan terus bertambah. Mengingat XL Axiata saat ini masih melakukan ekspansi di seluruh kabupaten di Lombok.

“Keberadaan jaringan 4G di Mandalika dan seluruh desa/Kelurahan di Lombok juga merupakan realisasi dari komitmen XL Axiata untuk membantu meningkatkan literasi digital masyarakat yang tinggal di pelosok pedesaan. Ketersediaan jaringan internet yang berkualitas dan peningkatan literasi digital akan mendorong produktivitas dan membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital,” kata Gede.

Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata telah menambah kapasitas jaringan 4G baik dari segi radio dan transmisi maupun melalui pembentukan fiber.

Saat ini sebagian besar dari 571 BTS di Lombok sudah rusak dan akan terus bertambah. Sementara itu, sejak awal tahun 2021 hingga sekarang, kapasitasnya sudah bertambah sekitar BTS. Dalam dua tahun terakhir, trafik dari XL Axiata di Lombok meningkat 82 persen.

Di beberapa kawasan wisata terpopuler di Lombok, XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. XL Axiata memiliki lima BTS 4G di Sembalun, satu BTS 4G di Pink Beach, Lombok Timur, lima BTS 4G di Gili Trawangan, satu BTS 4G di Desa Sade, 20 BTS 4G di Senggigi, dan 19 BTS 4G di Narmada.

Sementara itu, XL Axiata mengoperasikan 145 BTS untuk memenuhi kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan tersibuk, sementara mengoperasikan satu BTS 4G di Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid dan lima BTS 4G di Pelabuhan Lembar.

Sebanyak 19 desa wisata yang populer sebagai destinasi wisata juga terlayani oleh jaringan 4G XL Axiata, antara lain Desa Selong Belanak, Desa Kopang Rembiga, Desa Bilibante, dan Desa Aik Dareq.

Selanjutnya Desa Kembang Kuning, Desa Sembalun, Desa Pringgasela, Desa Seruni Mumbul, Desa Sembalun Bumbung, Desa Paremas, Desa Sugian, Desa Mamben Baru, Desa Senaru, Desa Malaka, Desa Jenggala, Desa Pemenang Barat, Desa Sesaot, Desa Sekotong Tengah dan Desa Sedau.

Dengan kapasitas dan infrastruktur yang tersedia, XL Axiata optimis dapat menawarkan layanan telekomunikasi dan data yang maksimal di kawasan wisata tersebut.

Saat ini, jaringan XL Axiata didukung oleh lebih dari 5.600 BTS untuk seluruh wilayah NTB. Termasuk lebih dari 3.100 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata terus berkembang.

XL Axiata terus melakukan investasi pada jaringan fiber optic, transmisi, backhaul, network upgrade dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan dan kualitas layanan sesuai dengan peningkatan trafik yang terus menerus.

Jaringan XL Axiata VoLTE di Lombok

XL Axiata terus memperluas cakupan area layanan Voice over LTE (VoLTE). Mulai Oktober 2022, layanan suara akan tersedia di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Lombok, melalui jaringan data berkecepatan tinggi ini.

VoLTE adalah layanan suara atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE, layanan suara menjadi lebih baik dimana kualitas suara menjadi sangat jernih.

XL Axiata terus mempersiapkan infrastruktur jaringan di kota/pemerintah selanjutnya untuk mendukung layanan VoLTE di fase selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati layanan kualitas suara yang superior, XL Axiata perlu mengoptimalkan jaringan secara menyeluruh agar benar-benar siap untuk VoLTE.

“Dengan adanya teknologi VoLTE di Lombok, XL Axiata berharap masyarakat dapat berkomunikasi dengan lebih nyaman melalui layanan suara atau telepon. Dengan mengaktifkan layanan VoLTE di smartphone, pelanggan akan terhubung lebih cepat dan lebih jelas, serta akses data tidak akan terputus meski ada panggilan masuk,” kata Regional Group Head XL Axiata Region Timur Dodik Ariyanto.

Pelanggan dapat langsung mulai menggunakan layanan XL Axiata VoLTE tanpa harus melakukan registrasi atau pembelian paket tertentu. Tarif yang berlaku didasarkan pada tarif panggilan reguler atau kuota paket yang saat ini digunakan oleh pelanggan.

Untuk pengalaman terbaik, pelanggan dapat menggunakan paket Xtra Combo. Selain mendapatkan kuota internet dan YouTube, pelanggan juga dapat menerima bonus kuota panggilan ke semua operator yang dapat digunakan untuk menggunakan layanan XL Axiata VoLTE.

Selain itu, pelanggan tidak memerlukan kartu SIM khusus untuk dapat menggunakan VoLTE. Pelanggan hanya perlu memastikan bahwa mereka telah menggunakan kartu SIM jenis USIM untuk menikmati layanan data 4G dan telah menerima pembaruan perangkat lunak untuk VoLTE XL Axiata dengan kartu SIM 4G.
Untuk kisaran dan tipe smartphone, lihat di bawah Website http://xlaxiata.co.id/volte. (*/w)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button